ANALISIS REPRESENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MEMBENTUK GAYA HIDUP GENERASI Z

Authors

  • R.Radika Suldifa Jaya STKIP PGRI Bangkalan
  • Bagus Imam Faisal STKIP PGRI Bangkalan
  • Diah Retna Yuniarti STKIP PGRI Bangkalan
  • M. Sahid STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23733

Keywords:

Pancasila, TikTok, Generasi Z, media sosial, nilai kebangsaan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah kehidupan manusia secara signifikan, termasuk dalam cara masyarakat mengakses dan memproses informasi melalui platform media sosial. TikTok sebagai platform media sosial yang banyak digunakan oleh Generasi Z berperan penting dalam membentuk pola pikir dan gaya hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi nilai-nilai Pancasila di TikTok dan dampaknya terhadap perspektif Generasi Z terhadap identitas kebangsaan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melakukan analisis konten dan wawancara mendalam dengan pengguna TikTok dari kalangan Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila direpresentasikan dalam berbagai bentuk, baik secara eksplisit maupun implisit dalam konten TikTok. Namun, dominasi konten yang berorientasi pada hiburan sering kali mengesampingkan konten edukatif terkait nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini menyarankan perlunya strategi untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam konten digital yang sesuai dengan minat Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boyd, D. &. (2015). Sociality through social network sites. In J. D. Wright (Ed.), International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences. Oxford: Elsevier, 438-444.

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dewantara, J. A. (2021). Penguatan nilai-nilai Pancasila di era disrupsi digital: Studi implementasi pada generasi Z. Jurnal Citizenship, 145-156.

Ellemers, N. (2018). Social identity theory in the digital age: Exploring the role of online interactions. Annual Review of Psychology, 459-481.

Hobbs, R. (. (2010). Digital and media literacy: A plan of action. Washington, DC: The Aspen Institute.

Kaplan, A. M. (2020). Social media influence: The effect of TikTok challenges on brand loyalty and behavior. Journal of Interactive Marketing, 30–42.

Kaye, L. K. (2021). Exploring TikTok as a platform for public and mental health messages: A mixed-methods study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(24).

Livingstone, S. &. (2021). Navigating the new media landscape: Digital literacy as a lifelong journey. Media Education Research Journal, 112-129.

Miles, M. B. (1994). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods (3rd ed.). . SAGE Publications.

Rahman, F. &. (2022). Konstruksi nilai-nilai sosial dalam platform digital: Studi kasus TikTok di kalangan generasi Z. Jurnal Komunikasi dan Media, 167-182.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, S. &. (2019). Pancasila dan globalisasi: Tantangan dalam era digital. jakatra: pustaka nasional.

Vardeman-Winter, J. T. (2019). A culture-centered approach to public relations theory: Five recent advances. Journal of Public Relations Research, 85–100.

Ward, J. &. (2019). Mediatized world: Culture and society in a media age. Media, Culture & Society, Media, Culture & Society.

Yildiz, D. &. (2020). Social learning theory in the age of social media: Using TikTok for educational purposes. Journal of Social Media in Society, 112-128.

Downloads

Published

2025-03-30