IMPLEMENTASI MODEL RADEC DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTILITERASI (LITERASI MEMBACA, LITERASI SAINS, LITERASI TEKNOLOGI) PADA PESERTA DIDIK SDN TANETEA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

Authors

  • Uswatun Usquh Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Salwa Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23709

Keywords:

RADEC Model, Multiliteracy Capability

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model RADEC dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan multiliterasi (literasi membaca, literasi sains, literasi teknologi) pada siswa SDN Tanetea Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanetea Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa serta keterampilan multiliterasi siswa. Tahap tindakan pada siklus I menunjukkan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik (A) dan aktivitas siswa berada pada kategori baik (B). Hasil capaian keterampilan multiliterasi siswa pada siklus I yaitu 54,1% siswa berada pada kategori tuntas, sehingga tindakan siklus I disimpulkan belum berhasil. Tahap tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kategori sangat baik (A) dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik (A). Hasil peningkatan kemampuan multiliterasi siswa pada siklus II adalah 91,6% siswa berada pada kategori tuntas sehingga tindakan siklus II disimpulkan berhasil. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model RADEC dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan multiliterasi siswa kelas V SDN Tanetea Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2019). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Muh Erwinto Imran, Irmawanty, Harmianti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan multiliterasi IPA Peserta didik Kelas V SD Inpres 7/83 Bune Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Journal Innovation in Education (INOVED) Vol. 1 No. 3.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif: Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Gowa: Pusaka Almaida.

Mamonto, Abdul Haris Odja, Tirtawaty Abdjul. (2021). The Effect of E-Learning Application through the Use of Whatsapp-Assisted Edmodo on the Students’ Learning Outcomes in the Concept of Sound Waves. Jurnal Pendidikan Fisika https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf DOI: 10.26618/jpf.v9i1.4361.

OECD. (2019). PISA 2019 Assessment framework key competencies in reading, mathematics and science. The OECD Secretariat : The Secretary-General of the OECD.

Pratama, Yoga Adi. Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). Model Pembelajaran RADEC (Read Answer-Discuss-Explain And Create): Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dalam Konteks KeIndonesiaan. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling: Vol. 2 No. 1.

Samatowa, Usman. (2019). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sopandi, W., Pratama, Y., & Handayani, H. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Pengajar-Pengajar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pedagogia, Vol. 8 (1), 19-34

Sukmadinata, N.S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulastyana, Erma. (2023). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Jurnal

Widiari Ratna Eka Luh. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Kemampuan multiliterasi IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 7 No 1.

Yoga Adi Pratama, Wahyu Sopandi, Yayuk Hidayah, Meiwatizal Trihastuti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6 No 2.

Zuhra, F., Safarati, N., & Jasmaniah. (2022). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Mahapeserta didik PGSD Melalui Model Pembelajaran RADEC. VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 14(2), 111– 115. https://doi.org/10.51179/vrs.v14i2.1242

Downloads

Published

2025-03-27