UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SD MUHAMMADIYAH 6
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23630Keywords:
Prestasi Siswa , Upaya Sekolah,Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SD Muhammadiyah 6. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di SD Muhammadiyah 6. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tiga upaya utama sekolah: (1) Penerapan pendidikan inklusif dengan sistem asesmen psikologis dan metode "tarik ulur" yang adaptif terhadap kebutuhan individual siswa; (2) Pengintegrasian nilai-nilai Quranic dengan wawasan internasional melalui dua pilar utama "Quranic" dan "International Insight" dengan pendekatan bilingual dan target hafalan Al-Quran progresif; (3) Peningkatan kualitas profesional guru melalui program pengembangan berkelanjutan yang mencakup aspek pedagogi dan keagamaan serta penerapan sistem diferensiasi pembelajaran sesuai kemampuan siswa. Kata Kunci: Prestasi Siswa , Upaya Sekolah,Downloads
References
Ainscow, M. (2020). Promoting inclusion and equity in education: lessons from international experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1729587
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV. Jejak.
Arsil, H. (2018). Pengaruh Peran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Takalar. 3(2), 91–102.
DuFour, R., DuFour, R., Eaker, R., & Many, T. (2006). Learning by Doing: A Handbook for Professional Learning Communities at Work. Solution Tree, 1–12. https://cloudfront-s3.solutiontree.com/pdf/study_guides/LBD_2nd_ed_actionguide_Rev.pdf
Fakhrurrozi, A., Pradana, S. Y., Fauziyah, I. M., & Saputro, E. A. (2023). Problematika Pernikahan Siri Di Kecamatan Perak Kabupaten Jombang Pada era Society 5.0. International Conference on Humanity Education and Society PROBLEMATIKA, 2(1), 11.
Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(April 2020), 36–42. https://almasdi.staff.unri.ac.id/files/2014/02/Potensi-PKS-dan-produk-turunannya-di-Riau.pdf
Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset lmiah. Journal Genta Mulia, 15(0), 1–23.
Mitchell, D. (2019). What Really Works in Special and Inclusive Education (2nd edition). In Primary Teacher Update (Vol. 2014, Issue 32). https://doi.org/10.12968/prtu.2014.1.32.57b
Mokoginta, S. O., Mangangantung, J. M., & Liando, M. R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 260–272.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
SUTOPO, H. . (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Sebelas Maret University Press.
Tryas W.N. (2019). 176-1-501-4-10-20191126. Journal of Education on Social Science , 3 no 2(2550–0147), 201–212.
Wibowo Imam Suwardi, F. R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Imam Suwardi Wibowo , Ririn Farnisa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.