PERAN FILOSOFI FILSAFAT DAN AGAMA SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23561Keywords:
Philosophy, Philosophical Thought, Religion, Islamic Education, Character BuildingAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran filosofi, filsafat, dan agama sebagai pilar utama dalam pembentukan karakter dalam konteks pendidikan Islam. Melalui analisis studi pustaka, penelitian ini menyelidiki konsep-konsep filosofis yang mendasari pendidikan Islam dan bagaimana filsafat dan agama saling berinteraksi untuk membentuk karakter individu. Studi ini menyoroti pemahaman filosofi pendidikan Islam, menekankan nilai-nilai inti seperti keadilan, kasih sayang, dan kebenaran sebagai landasan pembentukan karakter. Filosofi ini memberikan arah moral dan etika yang esensial bagi individu Muslim, memandu mereka dalam pengembangan kepribadian yang seimbang dan bermoral. Pentingnya agama dalam konteks ini juga disoroti, dengan penekanan pada ajaran-ajaran agama Islam yang memberikan panduan etis dan normatif. Agama berperan sebagai sumber inspirasi untuk membangun karakter yang kuat, dengan menanamkan nilai-nilai seperti kesabaran, ketekunan, dan toleransi. Hasil studi ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang hubungan intrinsik antara filosofi, filsafat, dan agama dalam membentuk karakter dalam pendidikan Islam. Implikasinya dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya nilai-nilai spiritual dalam proses pendidikan, serta memberikan landasan untuk pengembangan program pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter yang kokoh dan bermakna.Downloads
References
Anwar, S. (2017). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157-170.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.
Silfiyasari, M., & Zhafi, A. A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127-135.
Novita, A., & Bakar, M. Y. A. (2021). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 12-22.
Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1), 61-92.
Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.
Bahri, S. (2017). World View Pendidikan Islam Tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik Yang Holistik Dan Integratif. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 179-212.
Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335-342.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.