PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WATER CYCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BATOKALANGAN 2 PADA MATERI IPA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23558Keywords:
Media Pembelajaran, Siklus Air, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran Siklus Air (Water Cycle) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Batokalangan 2 dalam mata pelajaran IPA. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest, siswa diberikan pre-test sebelum pembelajaran dengan media siklus air dan post-test setelahnya. Analisis data dengan SPSS 25 mencakup uji normalitas, validitas, reliabilitas, serta Paired Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 33,75 dan post-test 66,87, selisih 33,12 poin. Uji Paired Sample Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang membuktikan efektivitas media Siklus Air (Water Cycle) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap siklus air, menjadikannya alternatif pembelajaran IPA yang lebih efektifDownloads
References
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131
Damayanti, G., Yudiyanto, M., Nurishlah, L., & Samadi, M. R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Cicayur 02 Bandung Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air. Murabbi, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.69630/jm.v3i1.30
Hariaty1, Y. D., Nisa2, S., & Suriani3, A. (2024). Systematic Literature Review: Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 220–226. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Lady Alfie, Sylvia Lara Syaflin, & Kabib Sholeh. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Berbasis Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 350–359. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5352
Mawanto, A. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Kelas V SD Negeri Lontar II Surabaya. Journal on Education, 4(4), 1264–1271. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.542
Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., Sayidiman, &, & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas V Upt Spf Sd Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp
Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238
Nurhasan, Septia, R., & Baharsyah, S. (2024). Efektivitas Pembukuan Terhadap Kinerja Keuangan pada Toko Ritel di Lingkungan Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Innovative: Journal of Social Research, 4(1), 7029–7038. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5760
Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.