PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WATER CYCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BATOKALANGAN 2 PADA MATERI IPA KELAS V

Authors

  • Mellia Putri STKIP PGRI Sumenep
  • Zainuddin Zainuddin STKIP PGRI Sumenep
  • Ahmad Shiddiq STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23558

Keywords:

Media Pembelajaran, Siklus Air, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran Siklus Air (Water Cycle) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Batokalangan 2 dalam mata pelajaran IPA. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest, siswa diberikan pre-test sebelum pembelajaran dengan media siklus air dan post-test setelahnya. Analisis data dengan SPSS 25 mencakup uji normalitas, validitas, reliabilitas, serta Paired Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 33,75 dan post-test 66,87, selisih 33,12 poin. Uji Paired Sample Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang membuktikan efektivitas media Siklus Air (Water Cycle) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap siklus air, menjadikannya alternatif pembelajaran IPA yang lebih efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29303/emj.v6i1.131

Damayanti, G., Yudiyanto, M., Nurishlah, L., & Samadi, M. R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Cicayur 02 Bandung Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air. Murabbi, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.69630/jm.v3i1.30

Hariaty1, Y. D., Nisa2, S., & Suriani3, A. (2024). Systematic Literature Review: Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 220–226. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Lady Alfie, Sylvia Lara Syaflin, & Kabib Sholeh. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air Berbasis Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 350–359. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5352

Mawanto, A. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Kelas V SD Negeri Lontar II Surabaya. Journal on Education, 4(4), 1264–1271. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.542

Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., Sayidiman, &, & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas V Upt Spf Sd Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Nisaa’, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.8238

Nurhasan, Septia, R., & Baharsyah, S. (2024). Efektivitas Pembukuan Terhadap Kinerja Keuangan pada Toko Ritel di Lingkungan Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Innovative: Journal of Social Research, 4(1), 7029–7038. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5760

Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-03-30