PENGARUH PEMBELAJARAN (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SISWA SMK BARUNAWATI SURABAYA

Authors

  • Okky Wahyudha Nur Susanto Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Tyone Noor Satria Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Noer Kholis Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Nuha Hanifatul Khonsa Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Wachidatul Muslichah Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Nurahmad Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Chusaini Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23550

Keywords:

Keywords: Problem Base Learning (PBL), Digital Literacy, Computational Thinking, Informatics

Abstract

ABSTRACT   Digital literacy and computational thinking are essential learning elements in the Informatics subject for Phase E, especially for Vocational High School (SMK) students. To become Well-Being and Wise Digital Citizens and Computationally Literate Creators, digital literacy and computational thinking are fundamental skills that SMK students must possess in the Industry 4.0 era to be prepared for a technology-driven workforce. This study aims to analyze the impact of implementing the Problem-Based Learning (PBL) model on strengthening Digital Literacy and Computational Thinking in the Informatics subject. The research method used is quantitative, with a quasi-experimental design. This study involved a sample of 52 students from SMK Barunawati Surabaya, consisting of two classes: X AK and X MP. Based on the research findings, it can be concluded that the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model significantly influences the enhancement of Digital Literacy and Computational Thinking skills in the Informatics subject, leading to improved student learning outcomes.   ABSTRAK     Literasi digital dan berpikir komputasional merupakan elemen pembelajaran yang ada pada mata pelajaran Informatika fase E terutama bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk menjadi Well-Being And Wise Digital Citizen dan Computationally Literate Creators literasi digital dan berpikir komputasional juga merupakan keterampilan mendasar yang harus dimiliki oleh siswa SMK di era Revolusi Industri 4.0 agar siap menghadapi dunia kerja yang berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) terhadap penguatan Literasi Digital dan Berpikir Komputasional pada mata pelajaran Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental). Penelitian ini melibatkan sampel 52 siswa SMK Barunawati Surabaya berasal dari 2 kelas X AK dan X MP. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) terhadap penguatan  ketrampilan Literasi Digital dan Berpikir Komputasional pada mata pelajaran Informatika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Jurnal :

Asnawati, Indra Kanedi, Feri Hari Utami, Mirna, Saira Asmar. 2023. “Pemanfaatan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Era 5.0.” Jurnal Dehasen Untuk Negeri 2(1):67–72. doi: 10.37676/jdun.v2i1.3489.

Danisman Jeffri Ansyah Gulo, Mila Crhismawati Paseleng. 2023. “Analisis Tingkat Literasi Digital Siswa SMK Negeri 1 Sengah Temila Kabupaten Landak Kalimantan Barat.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(3):5059–71.

Firni Nuraini, Nur Agustiani, Yanti Mulyanti. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(3):3067–82. doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2672.

Hardiantiningsih, Siti Istiningsih, Hasnawati. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR) 2(1):40–48.

Ismael, Rahmad Rafid, Budi Harto, Melinda, Ikhsan. 2023. “Workshop Penyelarasan Kurikulum, Pengembangan PKL Dan Komitmen Dunia Kerja Untuk Ketersetapan Lulusan.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 3(2):96–100. doi: https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.407.

Lisa Vilayati, Widiyanti, Arif Kurniawan. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dengan Smart Apps Creator 3 Pada Materi Computational Thinking Sebagai Pengenalan Keterampilan Problem Solving Di SMK Kelas X.” Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik 3(7):5. doi: 10.17977/um068.v3.i7.2023.5.

Masitoh, Siti. 2018. “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Generasi Emas 2045.” Proceedings of The ICECRS 1(3):13–34. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1377.

Restianty, Ajani. 2018. “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media.” Gunahumas 1(1):72–87. doi: 10.17509/ghm.v1i1.28380.

Sabinus Rainer N. Christi, Widyawanti Rajiman. 2023. “Pentingnya Berpikir Komputasional Dalam Pembelajaran Matematika.” Journal on Education 5(4):12590–98. doi: 10.31004/joe.v5i4.2246.

Satrio Agung Dewanto, Eko Marpanaji, Muh Izzudin Mahali, Nur Hasanah, Bekti Wulandari. 2018. “Penerapan Problem Based Learning Untuk Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Pendidikan Teknik Informatika.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 3(1):52–62. doi: 10.21831/elinvo.v3i1.19779.

Setyowati, Pirmina, and Rochmawati. 2021. “Pengaruh Pengantar Akuntansi, Literasi Digital, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 9(2):149–57. doi: 10.26740/jpak.v9n2.p149-157.

Subagjo, Ary. 2023. “Kemampuan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa MTsN 4 Bojonegoro.” Jurnal Jendela Pendidikan 3(04):464–68. doi: 10.57008/jjp.v3i04.632.

Susanti, Lina Dwi. 2023. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Informatika Khususnya Materi Berpikir Komputasional Melalui Optimalisasi Metode Berbasis Masalah.” TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru 3(3):1–23.

Terttiaavini, Tedy Setiawan Saputra. 2022. “Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(3):2155. doi: 10.31764/jmm.v6i3.8203.

Titin Setia Rini, Indriana Lisnawati, Tika Dedy Prastyo. 2023. “Analisis Berpikir Komputasional Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Pacitan Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):39–46. doi: 10.21137/edumatic.v4i1.687.

Ulyarul Chyalutfa, Muhammad Makki, Ilham Syahrul Jiwandono. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa.” Journal of Classroom Action Research 4(3):82–86. doi: 10.29303/jcar.v4i3.1913.

Downloads

Published

2025-03-28