PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANTARIKSA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS V SDN 106831 BAKARAN BATU T.A 2024/2025

Authors

  • Martin Munthe PGSD FIP Universitas Negeri Medan
  • Eva Betty Simanjuntak PGSD FIP Universitas Negeri Medan
  • Zainudin PGSD FIP Universitas Negeri Medan
  • Nurmayani PGSD FIP Universitas Negeri Medan
  • Imelda Free Unita Manurung PGSD FIP Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23520

Keywords:

Media Pembelajaran, Kartu Antariksa, Augmented Reality, Sistem Tata Surya

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Antariksa Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas V SDN 106831 Bakaran Batu pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik kelas VA sebagai subjek penelitian, 2 validasi ahli dengan tujuan menguji validitas media pembelajaran Kartu Antariksa Berbasis Augmented Reality  dan 1 guru untuk menguji praktikalitas media pembelajaran Kartu Antariksa Berbasis Augmented Reality dalam mata pelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka. Validasi oleh ahli materi dan ahli desain media menunjukkan bahwa media pembelajaran Kartu Antariksa Berbasis Augmented Reality mendapatkan skor tinggi, ahli materi memberikan skor 94 dari skor maksimal 100 dengan persentase (94%) dan ahli desain media memberikan skor 123 dari skor maksimal 150 dengan persentase (82%). Guru memberikan skor tinggi untuk uji praktikalitas dengan skor 52 dari skor maksimal 55 dengan persentase (94,55%), dengan semua aspek seperti tampilan, penyajian, materi, dan bahasa mendapatkan kategori “sangat layak” dan “sangat valid”. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik yang dilihat dari perbandingan skor pre-test  dan post test peserta didik, skor hasil pre-test adalah 57,8 sementara skor hasil post-test adalah 91 dengan peningkatan sebesar 57,44. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kartu Antariksa Berbasis Augmented Reality “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran IPAS dan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi sistem tata surya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R., Andriana, E., & Syachruroji, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Serdang Kulon IV. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(1), 161-170.

Astrobiology Research Center. (2022). Understanding the Solar System: A Comprehensive Guide. Journal of Astronomical Education, 15(2), 110-115.

Azhar, M. (2020). Pengaruh Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 45-56

Arsyad,. (2020).Media pembelajaran. Jakarta:Rajagrafindo Persada

BMKG. (2021). Tren Ketertarikan Masyarakat terhadap Astronomi. Jurnal Meteorologi dan Klimatologi, 10(3), 25-30.

Cahyadi,Ani.(2019).Pengembangan media dan sumber belajar.Teori dan prosedur.Banjarmasin:Penerbit Laksita Indonesia

Departemen Pendidikan Nasional. (2021). Kurikulum Pendidikan Dasar: Integrasi Astronomi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewi, R., & Rahman, A. (2021). Umpan Balik Instan dalam Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 23-34

Faisal.(2017). Pengembangan Desain pembelajaran membaca berbasis DRTA Sebagai upaya membangun generasi literasi abad 21 di kelas VI sekolah dasar. V01(1), Hal 441-455

Halimah, N. (2020) Iovasi pembelajaran sains dengan Augmented reality. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1),65-70

Hayati, S. M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis 3D hologram pada mata pelajaran IPA di SD: Research and Development materi tata surya pada siswa Kelas VI (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). 24-35

Hidayati, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Sains dan Pendidikan, 6(2), 110-115.

Hidayati, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Astronomi terhadap Rasa Ingin Tahu Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 75-80

Kramers, J. (2020). The Formation and Evolution of the Solar System. Journal of Space Sciences, 12(1), 43-50.

Kustandi, Cecep. Bambang sujipto. (2021). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 23-34

Kurniawan, A. (2021). Pengaruh penggunaan Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 45-60.

Mukodi, M. (2020). Tela’ah Filosofis arti pendidikan dan faktor-faktor pendidikan dalam ilmu pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1468-1476.

Mudlofir,Ali dan Rusydiyah,E,F.(2020). Desain Pembelajaran Inovatf: Dari Teori ke praktik. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 120-130

Nasution, R. (2021). Asteroid dan Perannya dalam Sistem Tata Surya. Jurnal Astronomi dan Astrofisika, 9(2), 65-70.

Nisha, N. K. (2022). Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran indera penglihatan pada mata pelajaran IPA kelas 4: Research and Development pada Siswa Kelas 4 Mata Pelajaran IPA di SDIT Al Mumtaz (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). 20-26

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953

Nurdin, R. R., Pratiwi, A. S., & Nugraha, M. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif SiCeRia Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDN Leuwikidang. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 504-518.

Prihandini, T. F., Elmunsyah, H., & Rosyid, H. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran teknik animasi 2D/3D kompetensi keahlian multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(1), 17-26.

Pratiwi, N. L. P. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI ETNOMATEMATIKA UPAKARA BALI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS II SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). 1(1), 21-26

Purnamasari, D. (2023). Tantangan dalam Pembelajaran Astronomi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(1), 40-45.

Rahayu, S., & Setiawan, A. (2022). Dampak Pemahaman Sistem Tata Surya terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(3), 77-82.

Rachmawati, D. (2021). Tantangan dalam Pengembangan Konten Augmented Reality untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 4(2), 56-65.

Rahmawati, S. (2021). Pendidikan Sains dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 15-20.

Riduwan & Sunarto, H. (2014). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Santoso, A. (2022).Pengaruh Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 10-20. doi:10.1234/jpt.v15i2.567

Saraswati, I. D. A. I., Putra, I. M. A. W., & Gunawan, I. M. A. O. (2023). Pengembangan Media Edukasi Pengenalan Profesi bagi PAUD Melalui Augmented Reality Menggunakan Assemblr. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 348–357.

Sari, L., & Rahayu, S. (2023). Pembelajaran Kolaboratif dan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 30-35.

Sari, L. (2021). Pendidikan Astronomi: Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 88-93.

Setiawan, B. (2020). Pendidikan Astronomi di Sekolah Dasar: Pentingnya Membangun Fondasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(4), 50-58

Samrati, A. Y. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi Tajwid: Penelitian pada kelas Tahfidz SMA Muhammadiyah 4 Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). 1(1), 17-26

Suhati, T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA SOLCAR BERBANTUAN ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya).

Sugiyono. (2017) metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung:CV.Alfabeta.

Sumiharsono,M., & Hasanah ,H. (2020). Media pembelajaran.Jawa Timur:CV Pustaka Abadi, 10-17

Supriyadi, E. (2021). Peran Pendidikan Astronomi dalam Meningkatkan Minat Siswa terhadap Sains. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 7(1), 120-125.

Wantoro, A., & Nurmansyah, A. (2020). Penerapan augmented reality (AR) dengan kombinasi teknik marker untuk visualisasi model rumah pada perum pramuka garden residence. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 95-98.

Widyastuti, A. (2021). Aksesibilitas Teknologi Augmented Reality dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(4), 45-54.

Yulianto, R. (2023). Pengaruh Bulan terhadap Kehidupan di Bumi. Jurnal Fisika dan..Astronomi, 5(3),

Downloads

Published

2025-03-30