PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALLTERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI AKU ANAK YANG DISIPLIN KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23470Keywords:
CTL learning model, wordwall, learning outcomesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada pokok bahasan “Saya Anak Berdisiplin” pada siswa kelas IV. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan terdiri dari siswa Kelas IV A sebagai kelompok acuan dan siswa Kelas IV C sebagai kelompok observasi. Penelitian ini menggunakan Non-probability sampling dengan metode selective sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil pre-test dan post-test yang diuji menggunakan uji-t dengan SPSS versi 27. Uji hipotesis atau t-test dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Independent Samples Test. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh kesimpulan bahwa dengan nilai p (sig. 2-tailed) sebesar 0,001 maka hipotesis tidak berpengaruh (H ₀ ) ditolak dan proposisi alternatif (Hₐ) diterima. Kata Kunci: Model pembelajaran CTL, wordwall, hasil belajarDownloads
References
Ester, K., Sakka, F. S., Mamonto, F., Mangolo, A. E. M., Bawole, R., Mamonto, S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Psikologi, D. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Gmim II Sarongsong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 976–973. https://doi.org/10.5281/zenodo.10421051
Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Indra Sukma, K., Handayani, T., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2767
Jemis Pramesti Putri Cahyani, R., & Ardi Saputro, B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Karangrejo 02 Semarang.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Ndjoermana, Y., Somelok, G., & Makatita, A. L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X. 5(1), 64–73. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Nuryadi., dkk. (2017). Dasar – Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media
Purnama Nur Indah, A., Nuraeni, I., Syahira Azima, N., Novitasari, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Penerapan Model CTL untuk Melatih Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang di SD Kelas I.
Qamarya, Nurul, dkk. (2023). Model Pembelajaran. Purbalingga : Eureka Media Aksara.
Rika Perdana, D., Izzati, A., & Sabila, A. N. (2024). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 814–828. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1299
Salamun, Ana Widyastuti, dkk. (2023). Model – Model Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.
Saoma, N., Mahira, S., Hasan, N., Magdalena, I., Fkip, P., & Tangerang, U. M. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri Panunggangan 02 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Simeru, Arden., dkk (2023). Model – Model Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.