PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERBANTUAN WORDWALL

Authors

  • Rina Sari Universitas Al Washliyah Medan
  • Israq Maharani Universitas Al Washliyah Medan
  • Yenni Novita Harahap Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23465

Keywords:

Realistic Mathematic Education, Kemampuan Komunikasi Matematis, WordWall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Realistic Mathematic Education dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis data pretest dan postest, maka dapat diperoleh nilai rata–rata postest kelas eksperimen sebesar 82,26 rata–rata postest kelas kontrol sebesar 58,33 Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education  terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berbantuan WordWall. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung > t tabel  yaitu (0,000 > 0,05). Artinya  ada perbedaan rata–rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran  Realistic Mathematic Education. Uji normalitas pretest diketahui bahwa nilai sig. 0,324 > 0,05. Sedangkan uji homogenitas pretest terdapat nilai sig. 0,021 > 0,05. Hasil pengujian analisis data berupa pengujian hipotesis data pretest, menunjukkan bahwa kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama tentang kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Alfian Mahesa Tantra, S., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). SeNa-MaGeStiK, 588–600. https://magestic.unej.ac.id/

Da, N. T. (2023). The effect of realistic mathematics education on the problem-solving competency of high school students through learning calculus topics. Contemporary Mathematics and Science Education, 4(1), ep23013. https://doi.org/10.30935/conmaths/13041.

Faot, E. I. M., Leton, S. I., & Dosinaeng, W. B. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i2.412. doi: https://doi.org/10.32938/jpm.v 2.412

Hakim, H., Daulay, L. A., & Listari, M. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.79

Maharani, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts). OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 73–77. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.376

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Nalar Siswa Pada Kelas X Smk Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104–113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053

Putri, N. S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 771–785. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1264.

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049.doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Downloads

Published

2025-04-02