PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Nurhayati Institut Agama Islam Abdullah Said Batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23454

Keywords:

Metode Pembelajaran Inkuiri, Pendidikan Islam, Keterampilan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan metode pembelajaran inkuiri dalam pendidikan Islam dan dampaknya terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pembelajaran inkuiri merupakan pendekatan yang mendorong siswa untuk bertanya, menyelidiki, dan menemukan jawaban sendiri melalui proses eksplorasi dan penemuan. Dalam konteks pendidikan Islam, metode ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep agama secara lebih mendalam dan kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di sekolah menengah Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran inkuiri secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu mengajukan pertanyaan yang relevan, dan mengembangkan kemampuan analisis serta sintesis. Penelitian ini menyarankan agar metode pembelajaran inkuiri diterapkan secara lebih luas dalam pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah, & Satori, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arsad, M., & Ali, H. (2021). Faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan Islam: Pendanaan, manajemen, dan lembaga pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 1–10.

Creswell, J. W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. Ganesha University Of Education.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois, 2(4), 1–8.

Feisal, J. A. (1995). Reorientasi pendidikan islam. Gema Insani.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Kartimi, K., & Liliasari, L. (2012). Pengembangan alat ukur berpikir kritis pada konsep termokimia untuk siswa sma peringkat atas dan menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 122852.

Lambertus, L. (2009). Pentingnya melatih keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di SD. Forum Pendidikan, 28(2), 136–142.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1–10.

Mhb, R. J., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 197–208.

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58.

Na’im, Z., Yulistiyono, A., Arifudin, O., Irwanto, I., Latifah, E., Indra, I., … Ahmad, S. (2021). Manajemen Pendidikan Islam.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Nata, D. H. A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Prenada Media.

Nikmah, N. (2023a). Implementasi Literasi Agama untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Nikmah, N. (2023b). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.

Nurhayati, L. H., & Rosyadi, K. I. (n.d.). Determinasi Minat Belajar Dan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Idea, 3, 1503.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.

Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).

Riau, N. N. S. A.-K., & Riau, A. P. S. A.-K. (n.d.). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Menggunakan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir dan Partisipasi Siswa Pada Pelajaran PAI.

Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7–12.

Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.

Sanjaya, W. (1998). Pengembangan Desain Inkuiri Sosial dalam Pelajaran IPS. Tesis PPs IKIP Bandung.

Santi, N. (2024). Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial; Penyebaran Islam di Arab. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 100–112.

Sudiyono, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. 22). Bandung: Alfabeta.

Suryani, I. (2023). Ilmu Pendidikan Islam.

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16.

Susilowati, S., & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(1), 223–231.

Wahab, A. A. (2007). Metode dan model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.

Wingert, J. R., Wasileski, S. A., Peterson, K., Mathews, L. G., Lanou, A. J., & Clarke, D. (2011). Enhancing integrative experiences: Evidence of student perceptions of learning gains from cross-course interactions. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 34–57.

Downloads

Published

2025-05-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>