KEEFEKTIFAN MODEL PjBL BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN MEJASEM BARAT 03

Authors

  • Mutyara Ichsani Pangestika Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Yulianto Unversitas Negeri semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23451

Keywords:

model PjBL, Augmented Reality, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya pemahaman materi, minimya motivasi untuk belajar, serta kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar yang menjadi kurang optimal. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran interaktif dan ditunjang dengan media yang dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Augmented Reality terhadap aktivitas dan hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V sebanyak 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80% sedangkan kelas kontrol 68%. Berdasarkan uji independent sample t-test terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang artinya model PjBL berbantuan media Augmented Reality efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275.

Ariana, I. G. G. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pasca Pandemi dengan Model Pembelajaran CLIS pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 87-94.

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534.

Farikhatin, N., Subekti, E. E., & Hanum, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIEPP: Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 9–15.

Hadi, W., Sari, Y., & Jannah, H. M. (2024). ANALISIS PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 466–477.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314.

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289–297.

Hendri, M., Witono, A. H., & Lestari, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri 33 Mataram. Yasin: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 3(6), 1390–1398.

Koro, M., Nawa, N. E. A., & Benu, E. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Tentang Pelestarian Makhluk Hidup Di Kelas IV SD GMIT Baumata. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 65–73.

Nindhita, Aryani, Astuti, & Yulianto. (2023). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas I Sd Tunas Hidup Harapan Kita Kota Tegal. Bina Gogik, 10(1), 77–88.

Nofiyanti, N., & Andrijati, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 321–335.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333.

Purbayanti, R. L., Suherdiyanto, & Veriansyah, I. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 03 Sukandana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 22–29.

Puspitasari, L., Nasrah, N., & Amal, A. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 232–242.

Rachim, M. R., Salim, A., & Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pendidikan Modern. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 594–605.

Sari, S. N. M., & Isdaryani, B. (2024). Efektivitas Model PjBL Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 88–101.

Situmorang, M. M., Patras, Y. E., & Muhajang, T. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 349–365.

Sodikin, A. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas V SDN Sukajadi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 51–56.

Taqiya, R. I., Shaumi, N. M., Fiza, N., Zenyta, A., Annisa, M., & Suryandar, A. (2024). Efektivitas Model Project-Based Pembelajaran Biologi Learning dalam Pembelajaran Biologi. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 168–173.

Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24–35.

Vianingrum, D., Nahari, I., Hidayati, L., & Arifiana, D. (2023). Penerapan Project Based Learning Dalam Membuat Kolase Pada Elemen Dasar Fashion Design. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 9–14.

Wiranto, A., Selegi, S. F., & Sukardi. (2020). Efektivitas Model Creative Problem Solving dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Swarnabhumi, 6(1), 1–6.

Downloads

Published

2025-03-30