PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD 098021 KAMPUNG PRAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025

Authors

  • Putri Khairani Universitas Prima Indonesia
  • Teguh Trianton Universitas Prima Indonesia
  • Sartika Sari Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23442

Keywords:

Cerita berdasarkan pengalaman, media gambar, SD 098021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menulis Cerita Berdasarkan Pengalaman dengan media gambar pada siswa kelas IV SD 098021 Kampung Prapat Tahun Pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah SD 098021 Prapat pada siswa kelas VI, dengan jumlah siswa 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SD 098021 pada kelas IV. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober 2024. Hasil penelitian mengenai proses pembelajaran pada siklus I diketahui bahwa 19 responden atau siswa menunjukkan sikap positif selama proses pembelajaran. Pada siklus II diketahui 30 siswa menunjukkan sikap positif selama proses pembelajaran. Hasil ini telah mencapai indikator keberhasilan proses pembelajaran pada penelitian tindakan ini, yaitu minimal sebesar 70% siswa harus menunjukkan sikap positif dalam pembelajaran. Terdapat peningkatan nilai dari siklus I dan siklus II. Dari segi ketuntatasan, diketahui bahwa dari 19 siswa yang tuntas menjadi 30 siswa yang tuntas. Secara persentase ketuntatasan dari siklus I ke siklus II sebesar 55,28% menjadi 85,71%. Peningkatan juga ditinjau dari kenaikan nilai seluruh siswa dari siklus I ke siklus II. Terdapat peningkatan nilai sebanyak 28 siswa. Besaran nilai yang naik setidaknya 5-20 poin pada setiap siswa. Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa nilai responden yang naik di kesuluruhan bagian penilaian, penulisan judul, tokoh dan penokohan, alur, latar, gaya bahasa, dan amanat. Peningkatan terjadi karena media gambar yang disediakan peneliti dan guru berupa media gambar yang berurutan atau berseri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK, 4(1), 43-51.

Andini, N. P. M., Riana, I. K., & Dhanawaty, N. M. (2019). Analisis Penggunaan Diksi Pada Cerpen Berbahasa Bali Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Denpasar. LITERA: Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 5(2).

Armet, A., Atsari, L., & Septia, E. (2021). Perspektif Nilai Budaya dalam Cerpen Banun Karya Damhuri Muhammad. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 174-183.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94-100

Azmi, S. R. M. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Dewi, Ni Putu Eva Fransiska, dkk. 2016. Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX C SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. E Jornal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol

5. No 1. PP 1-12.

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Prosiding SEMNAS PS2DMP ULM, 1(1).

Kartika, N. (2023, November). Penerapan Media Pembelajaran Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menuliskan Kembali pada Materi Teks Cerita Fiksi Kelas IV UPT SDN 187 Gresik. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 2, pp. 14-20).

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11-22.

Rusmiati, R., Uswatun, D. A., & Lyesmaya, D. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DALAM JARINGAN (DARING) DI KELAS 4 SDN BRAWIJAYA. JKPD (Jurnal

Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 143-150.

Situmorang, A. F., Hutasoit, Y., & Sari, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX di SMP Swasta HKBP Sidikalang Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 3(2), 55â-59.

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsini, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Downloads

Published

2025-03-14