PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMUATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERBASIS STORYBIRD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VI SDN 105289 KOLAM T.A.2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23411Keywords:
Learning Media, Culturally Responsive Teaching, Storybird, FolkloreAbstract
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran bermuatan culturally responsive teaching berbasis storybird pada materi cerita rakyat untuk peserta didik kelas VI di SD Negeri 105289 Kolam pada semester genap tahun ajaran 2023/2025. Penelitian ini melibatkan 19 peserta didik kelas VI sebagai subjek penelitian, 2 validasi ahli dengan tujuan menguji validitas media pembelajaran bermuatan culturally responsive teaching berbantuan storybird dan 1 guru untuk menguji praktikalitas media pembelajaran bermuatan culturally responsive teaching berbantuan storybird dalam mata pelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum merdeka. Validasi oleh ahli materi dan ahli desain media menunjukkan bahwa media pembelajaran bermuatan culturally responsive teaching berbantuan storybird mendapatkan skor tinggi, ahli materi memberikan skor 88 dari skor maksimal 100 dengan persentase (88%) dan ahli desain media memberikan skor 122 dari skor maksimal 150 dengan persentase (81,3%). Guru memberikan skor tinggi untuk uji praktikalitas dengan skor 74 dari skor maksimal 75 dengan persentase (98,6%), dengan semua aspek seperti tampilan, penyajian, materi, dan bahasa mendapatkan kategori “sangat layak” dan “sangat valid”. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik yang dilihat dari perbandingan skor pre-test dan post test peserta didik, skor hasil pre-test adalah 56,6 sementara skor hasil post-test adalah 85,05 dengan peningkatan sebesar 28,45. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bermuatan culturally responsive teaching berbantuan storybird “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan ketampilan menulis cerita rakyat peserta didikDownloads
References
Alharbi, M. (2021). The role of visual media in enhancing students’ creativity in writing. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(1), 123-136.
Alharbi, M. (2023). The effectiveness of Storybird in enhancing students' writing skills. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 39(1), 28-37.
Al-Mamary, Y. H., Alsharif, M. H., & Alharthi, A. (2021). The impact of multimedia on student learning outcomes. Journal of Educational Technology Systems, 50(3), 291-307.
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran: Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Rajawali Pers.
Bascom, W. (2021). The role of folklore in cultural education. New York: Routledge. 12-20.
Brown, J., & Larson, A. (2019). The impact of social environment on student confidence in sharing their work. Educational Psychology Review, 31(1), 45-67.
Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan PISA 2021: Kemampuan Menulis Siswa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fatmawaty, F. (2023). Analisis Kesalahan Aspek Mekanik Bahasa Dalam Makalah Masiswa PGMI Universitas Negeri Islam Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 82-87.
Gay, G. (2020). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. Teachers College Press.48-220
Graham, S., & Perin, D. (2020). Writing next: Effective strategies to improve writing of adolescents in middle and high schools. A Report to Carnegie Corporation of New York 5.
Harris, K. R., & Graham, S. (2019). Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Pearson. 45-60.
Hartono, H. (2019). Penerapan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Pulang Pisau 1 Kabupaten Pulang Pisau (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Hinton, L. (2019). Cultural identity and storytelling in the classroom. Journal of Language and Cultural Education, 7(2), 22-30.
Hwang, G. J., & Chang, H. F. (2021). The impact of interactive media on student motivation. Computers & Education, 165, 104-117.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2020). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3), 5-34.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2019). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.
Kurniawan, D. (2021). The effectiveness of technology-based learning media in increasing student interest. Journal of Educational Technology Research, 15(2), 85-95.
Ladson-Billings, G. (2019). Culturally relevant pedagogy 2.0: A Review of the Literature. Review of Research in Education, 38(1), 120-145.
Lee, J. (2023). Culturally responsive teaching and its impact on student engagement. International Journal of Educational Research, 15(4), 321-330.
Lim, C. P., & Chai, C. S. (2020). The role of interactivity in enhancing student engagement and understanding in learning environments. Journal of Educational Technology, 15(2), 123-135.
Lora, M. H. N., Nababan, S., Putra, S. H. J., & Mansur, S. (2024). Pendampingan Membuat Media Pembelajaran Dengan Membuat Alat Pernapasan Sederhana Menggunakan Botol Bekas. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6589-6596.
Macarthur, C. A., Graham, S., & Fitzgerald, J. (2019). Handbook of Writing Research. New York: Guilford Press. 78.
Mayer, R. E. (2020). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mulyadi, D. (2021). Menulis cerita rakyat sebagai cara meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Kreativitas dan Inovasi Pendidikan, 5(1), 45-50.
Mulyana, M. F. (2020). Aplikasi Pembuat Buku Cerita Berbabis Web.8
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121.
Poni Saltifa. (2020). Evaluasi media pembelajaran dalam konteks pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 31-40
Prabowo, A. (2022). Penggunaan media digital dalam pembelajaran menulis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 200-210.
Purwandari, E. P., Wijanarko, A., & Winarni, E. W. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Storybird Dalam Pembuatan Cerita Rakyat Digital Untuk Guru SD Di Kota Bengkulu. Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2).
Rahmawati, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Melalui Pembelajaran Cerita Rakyat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(3), 200-215.
Ramadhani, N. F., & Sutama, M. P. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Storybird di SDN Tlogoharum 02 Pati Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rais, M., & Yaumi, M. (2024). Studi Literatur Terminologi Media Dan Teknologi Pembelajaran (Sejarah Dan Perbedaan Istilah). Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).
Riduwan, M., & Sunarto, S. (2019). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rohmawati, D. Y., Suprayitno, S., & Zuliana, D. (2024). Implementasi Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Sumobito 1 Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 826-838.
Rojas, C. (2020). The influence of technology on student engagement. Journal of Educational Technology, 17(2), 100-115.
Sari, R. (2020). Pentingnya kemampuan menulis dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 123-130.
Sari, R. (2020). Culturally Responsive Teaching: Membangun Lingkungan Belajar yang Inklusif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 45-60.
Smith, A. (2022). Fleksibilitas pengeditan teks dan kualitas tulisan: Implikasi dalam media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(3), 45-60.
Suardi, N. F., Nursakiah, N., & Sulastri, S. (2024). Peningkatkan kemampuan menyimak melalui pendekatan culture responsive teaching (CRT) pada siswa SD Telkom Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 233-242.
Sullivan, P., & Tilley, C. (2020). Integrating storytelling in writing instruction: The role of digital tools. The Reading Teacher, 73(1), 56-64.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 123-572.
Trialwahyuni, I. (2019). Pengukuran kepraktisan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 42-50.
Villegas, A. M., & Lucas, T. (2019). Educating Culturally Responsive Teachers: A Coherent Approach. SUNY Press.
Wang, Y., & Wang, Y. (2021). Visual media and student engagement in the learning process. Journal of Educational Psychology, 113(4), 647-661.
Wahyudi, N. A. (2024). Pentingnya Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Proses Belajar Siswa SD. Karimah Tauhid, 3(6), 6214-6222.
Wulandari, S. (2020). Analyzing Students' Writing Difficulties in English. Journal of Language and Literature, 10(2), 123-130.
Yudha, S. F. A. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012058). IOP Publishing.
Yusof, A. (2022). Pengaruh Panduan Pembelajaran terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(3), 45-58.
Zipes, J. (2020). The enchanting voice of storytelling: The power of narrative in education. Teachers College Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.