PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISEGORO KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23334Keywords:
flipbook, IPAS, Hasil belajar, efektivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media flipbook dengan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli media yaitu sebesar 89,70% dan ahli materi sebesar 80% dengan kriteria layak. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa setelah menggunakan media flipbook. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 35 pada pretest menjadi 82,78 pada posttest menunjukkan efektivitas media pembelajaran flipbook. Dengan demikian, flipbook sebagai media pembelajaran dapat menjadi pilihan yang efektif untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa.Downloads
References
Azizah, N., Putri, D. P., & Setiyani, S. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Bentuk Dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Hewan Dan Tumbuhan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 99–110.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institus Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Junaedi, & Aripin, I. (2022). Model problem based learning (PBL)berbantuan e-modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(2016), 164–169.
Mufidah, isyatul, & Eka Wulandari, F. (2023). The Influence of Flipbook Media on Science Learning Outcomes in Elementary High School Class V [Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPA SD Kelas V]. 1–9.
Nurjannah, A., Marpaung, E., & Fazrin, S. L. (2023). Pengembangan Media Flifbook untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 421–428.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826.
Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4), 1067–1075.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.