ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTS MU’ALLIMAT NW ANJANI TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23330Keywords:
Kemampuan representasi matematis, Gaya belajarAbstract
Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan menyajikan notasi, simbol, tabel, gambar, grafik, diagram, persamaan atau ekspresi matematis lainnya ke dalam bentuk lain. Setiap siswa berbeda dalam cara memperoleh, menyimpan, dan menerapkan informasi atau pengetahuan yang biasa dikenal dengan gaya belajar. Perbedaan gaya belajar ini dapat menimbulkan keragaman kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) yang memiliki gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman wawancara. Subjek diambil dari setiap gaya belajar masing-masing dua orang siswa untuk diwawancarai secara mendetail agar mendapatkan informasi yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu memenuhi tiga indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual, simbolik, dan verbal. Namun berdasarkan hasil tes dan wawancara secara lebih mendalam siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung kurang memperhatikan detail dalam menggambar grafik. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis, yaitu representasi visual dan simbolik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik.Downloads
References
Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 15-28.
Azzahra, F. P., & Sopiany, H. N. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menurut Teori Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Research and Review Math Education, 2(1), 35-43.
Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12.
Deporter, B., & Henarcki, M. (2016 ). Quantum Learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (Alwiyah Abdurrahman, Penerjemah). Bandung: Kaifa.
Hijriani, L., Subarinah, S., Azmi, S., & Baidowi. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Aritmetika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(1), 216-229.
Karolina, R., & Hayati, L., Junaidi., & Arjudin (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Masalah Bentuk Aljabar di SMPN 4 Tanjung Tahun Ajaran 2021/2022 . Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1085-1098.
Khairunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2398-2409.
Lestari, E. K., & Yudhanegara, R. M. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Kurnia: Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.
Marifah, W. N., Rufiana, I. S., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Pada Materi Pengolahan Data Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 175-186.
Nurhayati, E., & Subekti, F. E. (2017). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematia, 3(1). 66-78.
Putri, R. D., & Yuhana, Y. (2022). Analisis Pemahaman Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematia Inovatif, 5(5). 1477-1484.
Sanjaya, I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 60-72.
Sinaga, G ,F ,M ., Hartoyo, Agung,. Hamdani. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Fungsi Kuadrat di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 2715-2723.
Srikandake, F.M. Natonis, Farida Daniel, Netty J.M. Gella. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif: Jurnal Pendidikan, 4(2), 3025-3033.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeda.
Sukmawati, A. Hayati, L., Hikmah, N., Baidowi. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Program Linier Ditinajau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Clasroom Action Research, 5(Special Issue), 210-219.
Turmuzi, M. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika. Mataram: Unram Press.
Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi khusus 2: 107-120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.