PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MALUKU TENGAH PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Authors

  • Hobertina Melinda Tehuayo Program Studi Penddikan Fisika Falkutas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon
  • Herman Samuel Wattimena Program Studi Penddikan Fisika Falkutas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon
  • Elsina Sarah Tamaela Program Studi Penddikan Fisika Falkutas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23311

Keywords:

Inkuiri Terbimbing Kemampuan Penguasaan Materi; Gelombang bunyi.

Abstract

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42-50. Fenorika, E. M., Hafis, H., & Wahab, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-8. Hake. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American: American Journal of Physics,Vol 66, No 1, Hal 64-74. Kasimuddin, H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 54-72. Khairani, S. N. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Medan (Doctoral dissertation, UNIMED). Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 153-160. Rahmat, P. S. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Sari, N., & Murwatiningsih, M. (2015). Penggunaan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316. Sitania, D. S., Huliselan, E. K., & Malawau, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Dengan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Melingkar Beraturan. PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education, 1(1), 1-9. Sumarni, S., Kosim, K., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 220-227. Verlina. A. A, Ertikanto. C., & Wahyudi. I. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi PadaPembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 82-93. Wacanno, L. M., Tamaela, E. S., & Latupeirissa, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Fluida Dinamis. Science Map Journal, 5(1), 40-46.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42-50.

Fenorika, E. M., Hafis, H., & Wahab, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-8.

Hake. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American: American Journal of Physics,Vol 66, No 1, Hal 64-74.

Kasimuddin, H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 54-72.

Khairani, S. N. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1-10.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 153-160.

Rahmat, P. S. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).

Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sari, N., & Murwatiningsih, M. (2015). Penggunaan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 4(1).

Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 299-316.

Sitania, D. S., Huliselan, E. K., & Malawau, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Dengan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Melingkar Beraturan. PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education, 1(1), 1-9.

Sumarni, S., Kosim, K., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 220-227.

Verlina. A. A, Ertikanto. C., & Wahyudi. I. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi PadaPembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 82-93.

Wacanno, L. M., Tamaela, E. S., & Latupeirissa, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Fluida Dinamis. Science Map Journal, 5(1), 40-46.

Downloads

Published

2025-03-30