PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23305Keywords:
Concept sentence learning model, learning independence, ability to write complex procedural textsAbstract
The aims of the research are: 1) to test the influence of the concept sentence learning model on the learning independence of class To test the effect of the concept sentence learning model on learning independence and the ability to write complex procedural texts for class XI students at SMA Negeri 3 Bangkalan. This research is a quantitative experimental study using the independent sample t test analysis technique. The sample in this study was 30 students of class XI IPA 1 as the experimental group and 30 students of class Bangkalan, 2) There is an influence of the concept sentence learning model on the ability to write complex procedural texts for Class XI students of SMA Negeri 3 Bangkalan, and 3) there is an influence of the concept sentence learning model on learning independence and Ability to Write Complex Procedure Texts for Class XI Students of SMA Negeri 3 Bangkalan.Downloads
References
Andriani, N, dan Nirmawan. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas XI SMA”, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2): 180-187.
Delisda, D, dan Sofyan, D. 2014. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Snowball Throwingdan Pembelajaran Konvensional, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 75-84.
Dewi, N, Asifa, S, N, dan Zanthy, L, S. 2020. “Pengaruh Kemandirian belajar Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa”, PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan MatematikaI, 9(1): 48-54.
Ekawati, H. 2016. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaranpembelajaran Kooperatif Tipethink-Pair-Sharedan Pembelajaran Konvensional Pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda, Jurnal Pendas Mahakam, 1(1): 54-64.
Firmansyah. 2022. Modul Ajar Mengungkap Dibalik Tabir Teks Prosedur.Modul ajar yang tidak dipublikasikan.
Hermawati, W, dan Apriliana, A, C. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Concept sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi”, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1): 40-49.
Hidayat, M, A. 2019. “Pengaruh Kemandirian belajar Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”, disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika tahun 2019.
Khoirunnisa, P, dan Aqwal, S, M. 2020. Analisis Model-Model Pembelajaran, Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1): 1-27.
Peranginangin, A, Barus, H, dan Gulo, R. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional, Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1): 43-50.
Puspitasari, A, C, D, D. 2017. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen”, Jurnal SAP, 1(3): 249-258.
Saleh, M. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model STAD Pada Siswa SMA”, Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1): 95-101.
Santyasa, I, W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif, disajikan pada pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2007.
Satini, R. 2016. “Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Dengan Menggunakan Teknik Mind Map Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Padang”, Jurnal Gramatika, 2(2): 164-178.
Siagian, H, Pangaribuan, J, J, dan Silaban, P, J. 2020. “Pengaruh Kemandirian belajar Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 4(4): 1363-1369.
Sudrajat, R, T, dan Firmansyah, D. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Di Kelas X SMA XIX Kartika 1 Bandung”, Jurnal Semantik, 9(2): 157-162.
Sugandi, A, I. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian belajar Belajar Siswa SMA”, Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 292): 144-155.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, bandung: Alfabeta.
Sutarna, N. 2016. P”enerpan Mengarang Terbimbing Model KWL (Know, Want, Learned) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi”, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2): 112-121.
Tampubolon, T, Angkris, M, Tambunan, Saragih, V, R, Sirait, J, Siregar, J. 2022. “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks”, Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2): 230-238.
Telaumbanua, D, A, T, Zega, I, dan Halawa, N. 2022. “Peningkatan Kemampuan Menilai Perihal Yang Dapat Diteladani Dari Teks Biografi Menggunakan Model Concept sentence”, Educativo: Jurnal Pendidikan, 192): 501-509.
Utami, M, P, Tamsin, A, C, dan Hafrison, M. 2019. “Pengaruh Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 1 Tapan”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1): 121-128.
Wardani, F, D, S, Yelly, P, dan Wahyuni, S. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Concept sentence Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020”, Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(2): 177-186.
Wiriani, W, T. 2021. “Pengaruh Kemandirian belajar Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online”, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI_MR), 291): 57-63.
Yulia, I, dan Irwan. 2018. “Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Menggunakan Metode Probing Prompting Learning Pada Siswa Kelas XI SMK Takokak”, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2): 104-122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.