PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 KOTA LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23293Keywords:
Project Based Learning, kemampuan menulis, pembelajaran aktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa di kelas IV SD Negeri 5 Kota Langsa. PBL dipilih karena dapat mendorong keterlibatan aktif sisa dalam pembelajaran dengan mengaitkan proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur perkembangan keterampilan menulis sisa. Hasil penelitian menunjukkan baha penerapan PBL berhasil meningkatkan keterampilan menulis sisa, yang terlihat dari adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar model pembelajaran PBL lebih diterapkan secara luas untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya dalam keterampilan menulis di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Adelya, A. (2021). Analisis Keterampilan MenulisKarangan Narasi Pada Siswa Kelas VMi Roudlatul Ulum Suwawal 04Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.10–11.
Aisha, H., Nasution, W., & Kustina, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Ipas 7 Sma Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–15. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/1014
Ali, M. M., Haryati, T., Yudestia, M., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6. http://ojs.stai- ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86/27
Amil Putri, T., Rustam, R., & Albertus Sinaga.(2022). Model Project Based Learning dalam Menulis Teks Prosedur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 238–247.
Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 214–223. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.526
Bambang, S. E. M., Rustam, Handayani, R., & Heltien, D. (2024). Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Progresif, 8(1), 62-70.
Dalimunthe, J. K. S. (2022). Penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas iv sd negeri 107402 saentis tahun ajaran 2021/2022.
Dewi, A. Y., Pebriana, P. H., Ananda, R., Pahrul, Y., & Sumianto, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Metode Field Trip Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 194. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1492
Dewi, S. (2023).Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk MeningkatkanHasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215.https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Farhrohman, O. (2021). Farhrohman O. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD MI.
Gani, R. H. A., Supratmi, N., Wijaya, H., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa VII SMP NWDI Pancor Kopong. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya
Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan MenggunakanModel Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337
Hadana, H. S., Purwo, A., Utomo, Y., Sa’adah, N., & Ardyasti, T. (2023).Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Jupendis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 126–142.
Hamdiyah, L., & Puspitasari, N. A. (2023).Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 79–85. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4330
Hamidah, N., Alamsyah, M. R. N., & Kusumaningrum, S. B. C. (2023).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 129–142. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.37
Hasna Salsabila, & Hindun. (2023). Penerapan Metode Pengajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 4(1), 19–29. https://doi.org/10.55606/jupensi.v4i1.3059
Hidayat, A., Wikanengsih, & Fauziya, D. S. (2020). Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Metode Picture And Picture. Parole, 5(1), 55. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/ index.php/parole/article/view/5293
Ismiani, P., Mustika, I., & Sahmini, M. (2020).Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(5), 767–774.
Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023).Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta, 208–2016.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/208-216
Jamilah Kumala Sari Dalimunthe (2024).Penerapan Model Project Based Learning DalamMeningkatkan Keterampilan Menulis SiswaKelas IV SD Negeri 107402 SaentisTahun Ajaran 2021/2022
Khaedar, M., Alam, S., Akhiruddin, & Kasim, H. (2023).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia SiswaSekolah Dasar Inpres Sailong Kabupaten Gowa.Phinisi Integration Review, 6(3), 487– 492.
Khairunnisa, A., & Afningsih, N. (2023). Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pengaruh Metode Project Based Learning Melalui Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Terhadap Siswa Kelas X Tkj 2 SMK Wira Kesuma Jaya Namorambe Program . 4(1), 97–104.
Khoimatun, Dewi, R. A. K., & Atri. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas iv uptd sd negeri 1 karangkerta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6477–6492.
Limbong Datu, Y., Nyoto Nyoto, Diplan Diplan, & FX Manesa.(2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV-A Di SDN 8 Menteng Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.219
Makassar, M. (2024).Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas VIII SMP Tri Dharma Makassar.
Melani, A., & Gani, E. (2023).Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28
Mondolalo, D., & Mulyadi.(2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 693–700.https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530
Najihah, M., Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 45–59. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JUPENDIS/article/view/109
Nuraeni. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 26 Makassar.
Purnia, D. S., Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website. EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, 8(2), 79-92.
Rianda, K., & Sayekti, S. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.
Saadah, F. S., San Fauziya, D., & Abdurrokhman, D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Opini Siswa Kelas XII. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(4), 347–358.
Sahmini, M., & Nugraha, V. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Quantum Learning Dengan Hipnosis Sebagai Upaya Penguatan Karakter Unggul. Semantik, 11(2), 257–270.
Salsabilah, P., Sayuti, M., & Azkiya, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1554–1561.
Sambuaga, M. G., Palar, W. R., & Polii, I. J. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek (Cerpen) Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. Kompetensi, 3(02), 1980–1989. https://doi.org/10.53682/ kompetensi.v3i02.5882
Susanti, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3997–4007.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif : Populasi , Sampel , dan Analisis Data ( Sebuah Tinjauan Pustaka ). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jim.v3i1
Wandira, A., Nugraha, V., & Primandhika, R. B. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning pada PembelajaranTeks Eksposisi Siswa SMA. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 13–18.
Wijoyo, H. (2023). Analisis Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Era 5.0. Jotika Journal in Education, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.82 Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis Adi Setiawan 1 , Ulfah Khairiyah Luthfiyani 2. Jurnal Petisi, 04(01), 49–58. Sirina Olimpia,
Wikanengsih, W.-. (2021). Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming (Nlp) Di Smk. Semantik, 10(2), 191–196. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i2.p191-196
Wiwin, Wikanengsih, & Suhara, A. M. (2021). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Mengunakan Metode project based Learning berbatuan Media Audio Visual. Parole Jurnal Pendidikan Bajasa dan Sastra Indonesia, 4(2614-624X), 101–108. https://doi.org/https://doi.org/ 10.22460/p.v4i1p101-108.6089
Yustiya Ramadhan. (2023). Analisis Semiotik Dalam Film Kkn Desa Penari Karya Awi Suryadi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 186–193. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.229
Vivi Anniza. (2024). Implementasi Model Circuit Learning Di KelasV Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaPokok Bahasan Menulis Karangan NarasiSDN 18 Rejang Lebong.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.