PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUPAT (BUKU LIPAT) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SUKAJADI 04
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23223Keywords:
Keterampilan Kolaborasi, Media Pembelajaran, RnDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran KUPAT (buku lipat) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SDN Sukajadi 04. 2. Menguji kelayakan media pembelajaran KUPAT untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SDN Sukajadi 04. 3. Mengetahui tingkat keefektivitasan media pembelajaran KUPAT untuk meningkatkan keterampillan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPS SDN Sukajadi 04. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SDN Sukajadi 04. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah (1) Media pembelajaran KUPAT (Buku Lipat) dapat dikembangkan untuk mata pelajaran IPS kelas V SD (2) media pembelajaran KUPAT (Buku Lipat) divalidasi oleh Ahli media, ahli Bahasa dan Ahli Materi. (3) Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam penelitian ini dilihat dari hasil analisis angket Keterampilan Kolaborasi sebelum menggunakan media KUPAT (Buku Lipat) memperoleh nilai rata-rata 55% dan sesudah menggunakan media KUPAT (Buku Lipat) nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 91%. (4) Berdasarkan presentase menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran KUPAT (Buku Lipat) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD yakni 93% dapat di kategorikan sangat layak.(5) Diperoleh nilai rata-rata 91% dengan kategori sangat efektif dari hasil analisis respon siswa yang memperoleh nilai rata-rata 93% dan respon guru yang memperoleh nilai rata-rata 100%.Downloads
References
(Tamansiswa et al. 2023)Alifah. 2021. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain Education in Indonesia and Abroad : Advantages and Lacks.” CERMIN:Jurnal Penelitian 5(1): 113–22. https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/968.
Armidi, Ni Luh Sri. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD.” Journal of Education Action Research 6(2): 214–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.