PERMAINAN EDUKASI MENCARI HARTA KARUN SEBAGAI PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nindita Anggia Maura Universitas Jambi
  • Tantri Nurindah Universitas Jambi
  • Putri Valentiani Sutarni Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja universitas jambi
  • Nyimas Muazzomi universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23222

Keywords:

Treasure Hunt Games, Interpersonal Intelligence, Early Childhood

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah mengenai kegiatan pembelajaran yang sebagian besar masih bersifat akademis. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah idealnya harus merangsang dan memaksimalkan semua kecerdasan yang beragam sejak masa bayi. Namun, keadaan yang sebenarnya menunjukkan adanya tantangan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal, karena pendidikan masih sebagian besar bersifat akademis dan belum memiliki varian khusus, seperti media gamifikasi, dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kecerdasan interpersonal anak. Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak adalah melalui penggunaan permainan berburu harta karun. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kegiatan berburu harta karun terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Peneliti menggunakan data dan sumber sekunder. Prosedur pengumpulan data yang digunakan berasal dari temuan-temuan publikasi terdahulu dan artikel jurnal yang relevan dengan permasalahan yang peneliti identifikasi. Berdasarkan temuan-temuan penelitian terdahulu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan berburu harta karun berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asma, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Melalui Permainan Mencari Harta Karun di TK Pertiwi Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi PTK, VI(2), 45–54. http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/1144

Hayati, F., & Julia. (2018). Peningkatan Kemampuan Interpesonal Melalui Permainan Balon Berpasangan di Kelompok Bermain PAUD Bina Insani Kemala Bhayangkari 1 Banda Aceh. Buah Hati, 5(1), 63–71.

Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Nurdiani, G. (2020). Research & Learning in Primary Education Analisis Keterampilan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun Di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 34–41.

Permendikbud Nomor 147. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203

Saleh, S. M., & Sugito, S. (2015). Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845

Sinaga, R., & Doang, M. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Bermain. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.58

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Ungusari, E. (2015). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Gugus Sido Mukti Kecamatan Mantrijeroan Yogyakarta. Jurnal:Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 6 Tahun ke-4 201. Nhk技研, 151, 10–17.

Winarto, P. D. M. . (2018). Buku Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Downloads

Published

2024-12-31