ETIKA BERKOMUNIKASI PADA KALANGAN PEMUDA GEN-Z DALAM ERA MEDIA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.23218Keywords:
Communication Ethics, Gen-Z, Digital MediaAbstract
Etika berkomunikasi menjadi sangat penting dalam era media digital saat ini, apalagi pada kalangan pemuda generasi z (Gen-Z). Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui persepsi pemuda Gen-Z terhadap etika berkomunikasi, serta aplikasi komunikasi yang sering mereka gunakan, dan juga tantangan erika berkomunikasi yang sering mereka alami di era media digital saat ini. Metode yang digunaka dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemuda Gen-Z terhadap etika berkomunikasi yang paling banyak yaitu mahasiswa 87,46%. Serta aplikasi komunikasi yang banyak digunakan oleh pemuda Gen-Z adalah WhatsApp 29%, mahasiswa dengan jumlah terbanyak 62, disusul masyarakat 8 dan siswa 7. Dan tantangan yang sering dialami adalah penyebaran informasi palsu (Hoax) 47, mahasiswa dengan jumlah 38, disusul masyarakat 6 dan siswa 3.Downloads
References
Buku :
Azeharie, S. (2022). Perdukunan Di Korea Dan IndonesiaDari Perspektif Komunikasi Budaya. In Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial.
Junaedi, F., Sukmono, F. G., Sugiana, D., Setiaman, A., Sari, D. K., Wibowo, N. A., Herwandito, S., Sjuchro, D. W., Yusanto, Y., Ramadhani, E., Nuraini, I., Kodrat, D., Samudro, A., Gemiharto, I., Gobang, J. K., Karimah, K. El, Wahyudin, U., Tarifu, L., Nurfikria, I., … Hariyanti, P. (n.d.). EBOOK_Komunikasi_dalam_Media_Digital (1).
Monggilo, Z. M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Desi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, C. R., Wenerda, I., & Astuti, S. I. (2021). Modul Cakap Bermedia Digital. http://literasidigital.id/books/modul-cakap-bermedia-digital/
Sunyoto, D. (2024). Mengasah Generasi Z. Cv.Eureka Media Aksara, 1–22.
Umar. (2022). Komunikasi Pembelajaran Di Era Digital. In PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Artikel in Press :
Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118
Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), hal.140.
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1561/pdf
Nasir, A., Nurjana, Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif 1. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APendekatan
Ningsih, L. S., Fitriyani, F., Hasibuan, Z. H., & Kartini, K. (2022). Pemanfaatan Media Whatsapp Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Pustakawan. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2275, 1–12.
Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika Berkomunikasi dalam Era Media Digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(4), 1–8. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/659.
Jurnal :
Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies, 13, 1–6.
Putri, F. A. (2021). Budaya Komunikasi Virtual Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pembelajaran Daring di UIN Walisongo Semarang). Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 7(2), 253. https://doi.org/10.37064/jki.v7i2.8646
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.