IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONCRETE, PICTORIAL, ABSTRACT (CPA) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aqidatul Munfariqoh STKIP Muhammadiyah Blora
  • Bintaro STKIP Muhammadiyah Blora
  • Muryaningsih STKIP Muhammadiyah Blora
  • Prafitasari STKIP Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23116

Keywords:

Pendekatan, CPA, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan Concrete, Pictorial, Abstract (CPA) pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan pengumpulan data, kemudian rekduksi data, penyajian, dan pemeriksaan dari kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan tidak hanya fokus pada memperluas pengetahuan serta pengalaman belajar saja, akan tetapi juga fokus pada keahlian sikap, proses dan komunikasi. Tidak hanya itu saja, tantangan seperti kurangnya fokus siswa terhadap pembelajaran dan kusulitan guru dalam pengelolaan kelas harus ditangani dengan mempersiapkan pembelajaran secara matang dan tepat, agar supaya proses pembelajaran berjalan secara maksimal. Manajemen yang baik pada pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan CPA berpeluang besar untuk meningkatkan kualitas pada pendidikan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, Yayuk, Nyoman Sridana,

Rernat Kosim, Dadi Setiadi, and

Gito Hadiprayitno. 2019. “Harapan

Dan Tantangan Implementasi

Pembelajaran IPA Dalam Konteks

Kompetensi Keterampilan Abad

21 Di Sekolah Menengah

Pertama.” Jurnal Edukasi Sumba

(JES)

3(2):120–28.

doi:

10.53395/jes.v3i2.56.

Asfara, Fiola, Haida Fitri, Rusdi, and

Aniswita.

2022.

“Pengaruh

Pendekatan Concrete –Pictorial

Abstract

(CPA)Terhadap

Kemampuan

Pemahaman

Konsep Matematis Siswa Kelas

VII SMP Negeri 1 Ujungbatu

Provinsi Riau.” Pendidikan Dan

Konseling 4(5):5567–73.

Babić,

Ana, and Helenca Pirnat

Dragičević. 2023. “Cooperation

Between the University and the

Ombudsperson for Children in the

Education of Teacher’S Faculty

Students for the Protection of

Children’S Rights.” Education and

New Developments 2023 –

Volume

1

1:106–10.

doi:

10.36315/2023v1end023.

Cameron, Brianna, Gail Ormsby, and

Peter

Kilgour.

2014.

“The

Application

of

Multiple

Intelligences in Two Year 7 Textile

Technology Classes.” TEACH

Journal of Christian Education

8(1).

doi:

1492.1239.

Fitra,

10.55254/1835

Devi Kurnia. 2022. “Analisis

Penerapan

Pembelajaran

Berdiferensiasi Dalam Kurikulum

Merdeka Pada Materi Tata Surya

Di Kelas VII SMP.” Tunjuk Ajar:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

5(2):278.

doi:

10.31258/jta.v5i2.278-290.

Fitria, Tira Nur. 2020. “Breaking The Ice in

The

Classroom: Using Ice

Breaking in The Teaching and

Learning

Process.”

Borneo

Journal of English Language

Education

5:7–14.

doi:

https://doi.org/10.35334/bjele.v5i1

.4210.

Hadisucipto, B. 2022. “Implementasi

Pendidikan

Penerapan

Karakter

Melalui

Pendidikan

Keagamaan Yang Berwawasan

Lingkungan Pada Smk Negeri 1

Donorojo Kabupaten Pacitan.”

Jurnal Humaniora 09(2):71–76.

Handiyani, Mila, and Tatang Muhtar.

2022. “Mengembangkan Motivasi

Belajar Siswa Melalui Strategi

Pembelajaran

Berdiferensiasi:

Sebuah Kajian Pembelajaran

Dalam Perspektif Pedagogik

Filosofis.”

6(4):5817–26.

Jurnal

Basicedu

doi:

10.31004/basicedu.v6i4.3116.

Hidayat, U. F., M. M. Pasaribu, D. A.

Rantung, and N. I. & Boiliu. 2023.

“Penerapan

Pembelajaran

Pendidikan Agama Kristen Adaptif

Dalam Menghadapi Tantangan

Teknologi Pendidikan.” Journal on

Education 5(2):3492–3506. doi:

doi.org/10.31004/joe.v5i2.1032.

Istiningsih, Siti, Muhammad Sobri, Dyah

Indraswati,

Aisa

Nikmah

Rahmatih, and Asri Fauzi. 2022.

“Pelatihan Pengembangan LKPD

Interaktif Dengan Model Poe

Berbasis Kearifan Lokal Bagi

Guru SDN 12 Ampenan.” Jurnal

10

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun

11

Warta Desa (JWD) 4(1):54–63.

doi: 10.29303/jwd.v4i1.155.

Kusharyadi, Rahmat, Siti Fatimah,

Kusnandi Kusnandi, and Ilham

Muhammad. 2024. “The Impact of

GeoGebra in Analytic Algebra: A

Bibliometric Review.” The Eurasia

Proceedings of Educational and

Social Sciences 91–103. doi:

10.55549/epess.804.

Makhrus, Muh., Ahmad Harjono, Abdul

Syukur, Syamsul Bahri, and

Muntari Muntari. 2019.

“Identifikasi Kesiapan LKPD Guru

Terhadap Keterampilan Abad 21

Pada Pembelajaran IPA SMP.”

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

3(2):124–28. doi:

10.29303/jipp.v3i2.20.

Nuryana, Aryati. 2010. “Efektivitas Brain

Gym Dalam Meningkatkan

Konsentrasi Belajar Pada Anak.”

Ilmiah Berkala Psikologi VOl.12

No.:88–98.

Radiusman, Radiusman, and Maslina

Simanjuntak. 2020. “Pengaruh

Pendekatan Concrete-Pictorial

Abstract (CPA) Terhadap

Kemampuan Representasi

Matematis Pada Topik

Trigonometri.” MUST: Journal of

Mathematics Education, Science

and Technology 5(2):118. doi:

10.30651/must.v5i2.5809.

Rifqiyah, Faizatur, and Nursiwi

Nugraheni. 2023. “Analisis

Kesiapan Belajar Siswa Untuk

Pemenuhan Capaian Kurikulum

Merdeka Dengan Pembelajaran

Berdiferensiasi.” Jurnal Riset

Pendidikan Dasar (JRPD)

4(2):145. doi:

10.30595/jrpd.v4i2.16052.

Rusman, Kadek Bagus. 2022.

“Implementation and Benefits of

Learning through Ice Breaking.”

International Linguistics and

TESOL Journal 1(1):3.

Said, Moch., and Muhammad Mubasysyir

Munir. 2022. “Pembelajaran

Bahasa Arab Berbasis Multiple

Intelegency.” FASHOHAH : Jurnal

Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab

2(2):68–83. doi:

10.33474/fsh.v2i2.18118.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian &

Pengembangan Research and

Development. 2nd ed. edited by S.

Y. Suryandari. Bandung:

ALFABETA.

Thambu, Nadarajan, Harun Joko

Prayitno, and Gamal Abdul Nasir

Zakaria. 2021. “Incorporating

Active Learning into Moral

Education to Develop Multiple

Intelligences: A Qualitative

Approach.” Indonesian Journal on

Learning and Advanced

Education (IJOLAE) 3(1):17–29.

doi: 10.23917/ijolae.v3i1.10064.

V, Gayathri. 2022. “Theory of Multiple

Intelligence among Middle School

Students.” Journal of Advanced

Research in English and

Education 07(01):8–10. doi:

10.24321/2456.4370.202212.

Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati,

Lailatul Hilmiyah, Febianti

Kusumawardani, and Intan

Permata Sari. 2022.

“Pembelajaran Berdiferensiasi

Dalam Rangka Mewujudkan

Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela

Pendidikan 2(04):529–35. doi:

10.57008/jjp.v2i04.301.

Zafa, Nur ‘Afifah. 2024. “Analysis of

Student Learning Readiness to

Fulfil Achievements Independent

Curriculum with Differentiated

Learning.” LEARNING : Jurnal

Inovasi Penelitian Pendidikan Dan

Pembelajaran 4(4):992–98. doi:

10.51878/learning.v4i4.3452.

Zulfadli, Noratul Emi, Farizawati, and

Jamaliah. 2024. “The Efficacy of

Ice-Breaking Activities In

Enhancing Students’ Motivation

for English Language Acquisition.”

English Education and Applied

Linguistics Journal (EEAL

Journal) 7(2):79–84. doi:

10.31980/eeal.v7i2.1532.

Downloads

Published

2025-03-28