IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONCRETE, PICTORIAL, ABSTRACT (CPA) PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23116Keywords:
Pendekatan, CPA, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan Concrete, Pictorial, Abstract (CPA) pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan pengumpulan data, kemudian rekduksi data, penyajian, dan pemeriksaan dari kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi materi pecahan tidak hanya fokus pada memperluas pengetahuan serta pengalaman belajar saja, akan tetapi juga fokus pada keahlian sikap, proses dan komunikasi. Tidak hanya itu saja, tantangan seperti kurangnya fokus siswa terhadap pembelajaran dan kusulitan guru dalam pengelolaan kelas harus ditangani dengan mempersiapkan pembelajaran secara matang dan tepat, agar supaya proses pembelajaran berjalan secara maksimal. Manajemen yang baik pada pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan CPA berpeluang besar untuk meningkatkan kualitas pada pendidikan sekolah dasar.Downloads
References
Andayani, Yayuk, Nyoman Sridana,
Rernat Kosim, Dadi Setiadi, and
Gito Hadiprayitno. 2019. “Harapan
Dan Tantangan Implementasi
Pembelajaran IPA Dalam Konteks
Kompetensi Keterampilan Abad
21 Di Sekolah Menengah
Pertama.” Jurnal Edukasi Sumba
(JES)
3(2):120–28.
doi:
10.53395/jes.v3i2.56.
Asfara, Fiola, Haida Fitri, Rusdi, and
Aniswita.
2022.
“Pengaruh
Pendekatan Concrete –Pictorial
Abstract
(CPA)Terhadap
Kemampuan
Pemahaman
Konsep Matematis Siswa Kelas
VII SMP Negeri 1 Ujungbatu
Provinsi Riau.” Pendidikan Dan
Konseling 4(5):5567–73.
Babić,
Ana, and Helenca Pirnat
Dragičević. 2023. “Cooperation
Between the University and the
Ombudsperson for Children in the
Education of Teacher’S Faculty
Students for the Protection of
Children’S Rights.” Education and
New Developments 2023 –
Volume
1
1:106–10.
doi:
10.36315/2023v1end023.
Cameron, Brianna, Gail Ormsby, and
Peter
Kilgour.
2014.
“The
Application
of
Multiple
Intelligences in Two Year 7 Textile
Technology Classes.” TEACH
Journal of Christian Education
8(1).
doi:
1492.1239.
Fitra,
10.55254/1835
Devi Kurnia. 2022. “Analisis
Penerapan
Pembelajaran
Berdiferensiasi Dalam Kurikulum
Merdeka Pada Materi Tata Surya
Di Kelas VII SMP.” Tunjuk Ajar:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
5(2):278.
doi:
10.31258/jta.v5i2.278-290.
Fitria, Tira Nur. 2020. “Breaking The Ice in
The
Classroom: Using Ice
Breaking in The Teaching and
Learning
Process.”
Borneo
Journal of English Language
Education
5:7–14.
doi:
https://doi.org/10.35334/bjele.v5i1
.4210.
Hadisucipto, B. 2022. “Implementasi
Pendidikan
Penerapan
Karakter
Melalui
Pendidikan
Keagamaan Yang Berwawasan
Lingkungan Pada Smk Negeri 1
Donorojo Kabupaten Pacitan.”
Jurnal Humaniora 09(2):71–76.
Handiyani, Mila, and Tatang Muhtar.
2022. “Mengembangkan Motivasi
Belajar Siswa Melalui Strategi
Pembelajaran
Berdiferensiasi:
Sebuah Kajian Pembelajaran
Dalam Perspektif Pedagogik
Filosofis.”
6(4):5817–26.
Jurnal
Basicedu
doi:
10.31004/basicedu.v6i4.3116.
Hidayat, U. F., M. M. Pasaribu, D. A.
Rantung, and N. I. & Boiliu. 2023.
“Penerapan
Pembelajaran
Pendidikan Agama Kristen Adaptif
Dalam Menghadapi Tantangan
Teknologi Pendidikan.” Journal on
Education 5(2):3492–3506. doi:
doi.org/10.31004/joe.v5i2.1032.
Istiningsih, Siti, Muhammad Sobri, Dyah
Indraswati,
Aisa
Nikmah
Rahmatih, and Asri Fauzi. 2022.
“Pelatihan Pengembangan LKPD
Interaktif Dengan Model Poe
Berbasis Kearifan Lokal Bagi
Guru SDN 12 Ampenan.” Jurnal
10
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun
11
Warta Desa (JWD) 4(1):54–63.
doi: 10.29303/jwd.v4i1.155.
Kusharyadi, Rahmat, Siti Fatimah,
Kusnandi Kusnandi, and Ilham
Muhammad. 2024. “The Impact of
GeoGebra in Analytic Algebra: A
Bibliometric Review.” The Eurasia
Proceedings of Educational and
Social Sciences 91–103. doi:
10.55549/epess.804.
Makhrus, Muh., Ahmad Harjono, Abdul
Syukur, Syamsul Bahri, and
Muntari Muntari. 2019.
“Identifikasi Kesiapan LKPD Guru
Terhadap Keterampilan Abad 21
Pada Pembelajaran IPA SMP.”
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
3(2):124–28. doi:
10.29303/jipp.v3i2.20.
Nuryana, Aryati. 2010. “Efektivitas Brain
Gym Dalam Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Pada Anak.”
Ilmiah Berkala Psikologi VOl.12
No.:88–98.
Radiusman, Radiusman, and Maslina
Simanjuntak. 2020. “Pengaruh
Pendekatan Concrete-Pictorial
Abstract (CPA) Terhadap
Kemampuan Representasi
Matematis Pada Topik
Trigonometri.” MUST: Journal of
Mathematics Education, Science
and Technology 5(2):118. doi:
10.30651/must.v5i2.5809.
Rifqiyah, Faizatur, and Nursiwi
Nugraheni. 2023. “Analisis
Kesiapan Belajar Siswa Untuk
Pemenuhan Capaian Kurikulum
Merdeka Dengan Pembelajaran
Berdiferensiasi.” Jurnal Riset
Pendidikan Dasar (JRPD)
4(2):145. doi:
10.30595/jrpd.v4i2.16052.
Rusman, Kadek Bagus. 2022.
“Implementation and Benefits of
Learning through Ice Breaking.”
International Linguistics and
TESOL Journal 1(1):3.
Said, Moch., and Muhammad Mubasysyir
Munir. 2022. “Pembelajaran
Bahasa Arab Berbasis Multiple
Intelegency.” FASHOHAH : Jurnal
Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
2(2):68–83. doi:
10.33474/fsh.v2i2.18118.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian &
Pengembangan Research and
Development. 2nd ed. edited by S.
Y. Suryandari. Bandung:
ALFABETA.
Thambu, Nadarajan, Harun Joko
Prayitno, and Gamal Abdul Nasir
Zakaria. 2021. “Incorporating
Active Learning into Moral
Education to Develop Multiple
Intelligences: A Qualitative
Approach.” Indonesian Journal on
Learning and Advanced
Education (IJOLAE) 3(1):17–29.
doi: 10.23917/ijolae.v3i1.10064.
V, Gayathri. 2022. “Theory of Multiple
Intelligence among Middle School
Students.” Journal of Advanced
Research in English and
Education 07(01):8–10. doi:
10.24321/2456.4370.202212.
Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati,
Lailatul Hilmiyah, Febianti
Kusumawardani, and Intan
Permata Sari. 2022.
“Pembelajaran Berdiferensiasi
Dalam Rangka Mewujudkan
Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela
Pendidikan 2(04):529–35. doi:
10.57008/jjp.v2i04.301.
Zafa, Nur ‘Afifah. 2024. “Analysis of
Student Learning Readiness to
Fulfil Achievements Independent
Curriculum with Differentiated
Learning.” LEARNING : Jurnal
Inovasi Penelitian Pendidikan Dan
Pembelajaran 4(4):992–98. doi:
10.51878/learning.v4i4.3452.
Zulfadli, Noratul Emi, Farizawati, and
Jamaliah. 2024. “The Efficacy of
Ice-Breaking Activities In
Enhancing Students’ Motivation
for English Language Acquisition.”
English Education and Applied
Linguistics Journal (EEAL
Journal) 7(2):79–84. doi:
10.31980/eeal.v7i2.1532.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.