PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE-CREATIVE DAN PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA LABORATORIUM VIRTUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

Authors

  • Rara Akda Septian Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • Rayandra Asyhar Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • Zurweni Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi
  • M. Raidil Pendidikan Kimia FKIP Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23113

Keywords:

Acid Base, science process skills, collaborative creative, PBL, virtual laboratory

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui keterampilan proses sains peserta didik model collaborative-creative dan model PBL bermedia laboratorium virtual dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik serta mengetahui tingkat kognitif peserta didik dengan tes soal keterampilan proses sains. Mengunakan desain mix method. Teknik pengambilan sampel total random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes soal esai keterampilan proses sains, dan observasi kemudian Uji Annova Satu arah.  Hasil penelitian kelas eksperimen I diperoleh rata-rata skor sebesar 80,41 dengan skor tertinggi 96 dan skor terendah 65. Kemudian rata-rata posstest kelas eksperimen II sebesar 78,79 dengan skor tertinggi 96 dan skor terendah 60, Sedangkan rata-rata skor posstest kelas kontrol sebesar 76,38 skor tertinggi 90, skor terendah 56. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model collaborative-creative dan PBL bermedia laboratorium virtual cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik

Downloads

References

Elvanisi, Ade, Saleh Hidayat, and Etty Nurmala Fadillah. 2018. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4(20): 245–52.

Hidayati, Tiana Putri, Yoyon Sutresna, and Warsono. 2021. “Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pendahuluan Pendidikan Merupakan Suatu Kebutuhan Yang Sangat Penting Dalam Kehidupan Bermasyarakat . Hal Ini Sesuai Dengan Undang-Undang N.” Jurnal Pendidikan Biologi 9(1): 1–10.

Rohman, Miftahur. 2018. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural.” 9(I): 21–35.

Simatupang, Elizabeth, and Indrawati Yuhertiana. 2021. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur.” 2(2): 30–38.

Yenti, Elvi et al. 2020. “Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains.” 2(2): 48–56.

Zakirman. Eliyarti. Chichi Rahayu. 2020. “TEKNIK Description of Coloid Material Experiments Initial Knowledge In Basic Chemistry of Engineering Students.” 3: 14–25.

Zurweni, Basuki Wibawa, and Tuti Nurian Erwin. 2017. “Development of Collaborative-Creative Learning Model Using Virtual Laboratory Media for Instrumental Analytical Chemistry Lectures.” AIP Conference Proceedings 1868.

Downloads

Published

2025-03-14