MOTIVASI ORANG TUA DALAM HASIL BELAJAR SENI DEKORATIF MENGGAMBAR TAPLAK MEJA DAN TERALIS KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23096Keywords:
Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar, Seni DekoratifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses motivasi dari orang tua dalam hasil belajar seni dekoratif menggambar taplak meja dan teralis kelas IV SD 2 Kesambi , serta mengetahui hasil belajar seni dekoratif menggambar taplak meja dan teralis kelas IV SD 2 Kesambi . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Kesambi dengan mengambil subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di SD 2 Kesambi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi orang tua dalam hasil belajar seni dekoratif di SD 2 Kesambi diberikan melalui dorongan verbal, penyediaan alat menggambar, serta pendampingan saat belajar. Keterlibatan orang tua dalam mengapresiasi karya anak meningkatkan kepercayaan diri, minat, dan keterampilan menggambar anak. Hasil belajar seni dekoratif meningkat dengan motivasi orang tua, terlihat dari kerapian, kreativitas, dan pemilihan warna yang lebih baik. Meskipun ada kesulitan dalam pola simetris dan keterbatasan alat, semangat siswa tetap tinggi berkat dukungan orang tua dan usaha mandiri.Downloads
References
Buku :
Hasbi, M., Maryatun, I. B., Pratiwi, W. C., Murtiningsih, Saputra, N. I., R., & D., & Rahayu, I. (. (2021). Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Artikel in Press :
Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs, J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B. D. (2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.
Jurnal :
Damayanti, D., Milah, A. R., & Laeli, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Karimah Tauhid, 3(9), 9585–9591. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.784
Hero, H., & Sni, M. E. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Januarti, W., Aminuyati, & Khosmas. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran IPS. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(2), 1–8.
Kumalasari, R. D. (2023). Investigating The Role Of Taste, Price, And Marketing Methods On Consumer Purchasing Decisions On Flavored Ice Cube Products. International Journal of Entrepreneurship and Tourism, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.57203/ijent.v1i1.2023.27-32
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mayasari, N. johar A. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 14, Issue 5).
Miranda, & Neviyarni. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 2431–2452.
Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.