STRATEGI GURU DALAM MENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TKIT UMMUL MU’MININ MAKASSAR

Authors

  • Nadyah Madjid Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Sufliati Romba Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fadhilah Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23067

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Guru, Anak Berkebutuhan Khusus.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus (autisme dan keterlambatan bicara) di TKIT Ummul Mu’minin Makassar. Fokus penelitian adalah memahami strategi yang digunakan guru dalam menciptakan kesiapan belajar, pemberian tugas dan penguatan, pengamatan perilaku anak, serta pemberian kesempatan untuk latihan mandiri guna memaksimalkan hasil belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi yang berfokus pada penciptaan lingkunganbelajar yang inklusif, personalisasi pembelajaran sesuai kebutuhan individu anak, serta pemberian penguatan positif untuk meningkatkan motivasi belajar. Proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilakukan melalui interaksi yang konsisten, latihan bertahap, serta metode yang disesuaikan dengan kemampuanmasing-masing anak, sehingga mampu mendukung pencapaian hasil belajarsecara optimal. Temuan ini memberikan wawasan penting dalam pengembangan strategi pembelajaran inklusif di pendidikan anak usia dini.

Downloads

References

Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun Di RA An-Nuur Subang. Ash-Shobiy: Jurnal PendidikanIslam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 1(1), 8–17

AM, E. N., Alinurdin, A., & Balianto, P. (2019). Profesi Keguruan. Pamulang: Unpam Press.

Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi guru dalam memberikan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 152–165.

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234–239.

Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 89–101.

Cantika Delfi Artamia. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia Dini Di Paud Anak Hebat Kartasura.

Fitiatun, E., Febriyanti, B. S., & Ariany, F. (2021). Pelatihan Identifikasi Pengetahuan Awal Tentang Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Puncang Hijau Batulayar Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika (Abdimandalika) e-ISSN 2722- 824X, 2(2 (Desemb), 250–256.

Haloho, O. (2022). Strategi Guru dalam Pengembangan Logika Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1429–1434.

Harmita, D., Sofiana, F., & Amin, A. (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2195– 2204.

Hermawan Wahyu Setiadi, F. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Authorwere 7.0 Terhadap Aktivitas Dan Minat Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 4(1).

Hidayati, W. R., & Warmansyah, J. (2021). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi dalam Pelayanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 207–212.

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar. UIN-Maliki Press.

Jati Rinakri, A. (2017). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Rodakarya.

Kaif, S. H. (2022). Strategi Pembelajaran (macam-macam strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru). Inoffast Publishing Indonesia.

Ladapase, E. M. (2022). Efektifitas Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Speech Delay. Psychopedia: Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 7(1), 57–66.

Niati, W. (2019). Peran Guru Paud dalam Menstimulasi Perkemangan Bahasa Anak pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita Kab. Seluma. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 38–48.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.

Noor, J. (2021). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80–95.

Rohimah1, Y., & Diana, R. R. (2022). Analisis Faktor Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Anak Usia 6 Tahun.

Romba, S. S., & Latif, F. (2021). Implementasi Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak. Jurnal Pelita Paud, 6(1), 118–126.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.

Sunderajan, T., & Kanhere, S. V. (2019). Speech and language delay in children: Prevalence and risk factors. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(5), 1642–1646.

Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode pelatihan teater untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96.

Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat baca permulaan pada anak kelompok B di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 9–19.

Tiara Novita Dewi. (2021). Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Paud Alam Mahira Kota Bengkulu.

Una, L. M. W., Beku, V. Y., Soro, V. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 148–158.

Downloads

Published

2024-12-31