PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CARA KERJA PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SDN 13/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Dewi Fitria Dewi Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi
  • Alirmansyah Alirmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23052

Keywords:

Model Pembelajaran, Make A Match, Smart Card, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Kartu Pintar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cara Kerja Pernapasan Manusia Kelas V SDN 13/IV Kota Jambi. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain pretest-posttest dengan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen (pretest-posttest non equivalen control group design). Menggunakan Metode Uji Daya Pembeda, digunakan untuk menilai pemahaman dan ketercapaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (14,55) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (9,38), dengan selisih 5,17 poin. Nilai median, maksimum, dan minimum kelas eksperimen juga mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji Independent Samples t-test menunjukkan bahwa model Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kategori N-Gain sedang. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Make a Match berbantuan media kartu pintar terhadap hasil belajar siswa pada materi cara kerja pernapasan manusia kelas V SDN 13/IV Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alirmansyah, A., & Amelia, L. (2022).Pengaruh Metode dan Media pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(2), 164-171.

Asrial, A., Syahrial, S., Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., Nawahdani, A. M., ..& Nyirahabimana, P. (2023). Quantitative Analysis Of Elementary School Students' Curiosity and Web-Based Assessment Responses. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 107-119.

Darman,R.A.(2020). Belajar dan pembelajaran. Guepedia.

Frasandy, R. N., Suryati, E., & Yuliantika, S. (2022). Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 161-170.

Harefa,D.(2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,8(1), 01-18.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmenKurikulumMerdeka.Jurnal pedagogy, 15(1), 75-94.

Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make a Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4),2237-2244.

Saragih, D. A., Purba, N. A., & Sianturi, C. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1750-1769.

Susanto, S., & Mardhika, T. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Karangtengah 4Ngawi.Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSDSTKIPSubang,8(1), 22-29.

Sutiyarsi,T.(2023).Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Di SMPN 181 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Bina Manfaat Ilmu, 6(1), 46-67.

Downloads

Published

2025-03-29