PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA LAGAPENA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN XXV WAILITI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23041Keywords:
Alat peraga lagapena, Hasil belajar peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan alat peraga lagapena terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS SDN XXV Wailiti. Alat peraga ini mengombinasikan pemikiran individual, diskusi kelompok, dan penulisan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan alat peraga lagapena terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN XXV Wailiti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (eksperimen) dengan desain one group pretest posttest, yang melibatkan 15 orang siswa sebagai subyek penelitian. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga lagapena memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dengan peningkatan rata-rata nilai pretest dari 59,8% menjadi 90,2% pada posttest. Hasil t-hitung sebesar 4.385 lebih besar dari t-tabel sebesar 2.064, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga lagapena efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui instrumen tes yang telah divalidasi sebelum digunakan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi panduan bagi guru dan peneliti dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif guna meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Munawaroh, A., Christijanti, W., & Supriyanto. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Smp. Unnes Journal of Biology Education, 2(1), 91–98.
Ovan, & Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sanjaya, H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada media
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.