PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI DI SDN TOBAT 2 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Siti Fauziyah PGSD FKIP Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Mujazi PGSD FKIP Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23035

Keywords:

Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran orang tua dalam mendukung dan peduli kepada anaknya ketika belajar di rumah yang menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VI di SDN Tobat 2. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan soal pilihan ganda dan angket. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 52 siswa terdiri dari kelas VI A dan VI B. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas VI B yang berjumlah 27 siswa. Pada uji korelasi menghasilkan nilai sebesar 0,398 yang artinya kedua variabel memiliki pengaruh. Pada uji determinasi menunjukkan variabel dukungan orang tua hanya memberikaan pengaruh sebesar 15,9% terhadap hasil belajar matematika siswa, sedangkan 84,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya pada uji parsial menunjukkan bahwa thitung (2,170) lebih besar dari ttabel (1,708) dengan nilai signifikansinya 0,040. Dapat dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VI di SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawia, R., & Hasmira, M. H. (2020). Dukungan Keluarga Bagi Orang Lanjut Usia di Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jurnal Perspektif, 3(2), 316. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i2.260

Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(2), 228–234. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i2.805

Cahyani, E. D., Puspitasari, S., Fauziyah, S., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Inovasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Cukanggalih 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 5(1), 123–128.

Charoline, C., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh dukungan orang tua terhadap grit pada siswa di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 549. https://doi.org/10.29210/30032136000

Laenus, I. D. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD Negeri Di Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur.

Lestari, A. R. A. D., & Manurung, A. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 363–376. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.578

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–103. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8638

Mujazi, Wahyuningrum, S., Hardiyanti, R., Pardede, L., & Regina, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3, 2(1), 367–374.

Natalia, R. C., & Mujazi. (2024). Upaya Metode Realistik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 07 Duri Kosambi Jakarta Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 634–649.

Nurasia, & Gustiani. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Dukungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 433 Bajoe. 1(1).

Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240–253. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649

Sahputra, D., & Hutasuhut, D. H. (2019). Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 35–39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik SD Negeri Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. (hlm.520-526). Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5923

Susanto, R., & Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik: Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran (Y. N. I. Sari (ed.); Pertama). PT RajaGraifndo Persada.

Tasrif. (2021). Pendidikan Keguruan: Landasan Kerja Guru Milenial (Pertama). Kencana.

Triyatun. (2022). Peningkatn Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Model Problem Based Learning. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Vebryanti, V., & Syah, E. F. (2021). Tindak Tutur Pada Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Hikari Tangerang Selatan. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 306. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.101

Downloads

Published

2025-03-30