Penerapan Model Problem-Based Learning dengan metode Heuristik untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.229Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah data peningkatan self-confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan model Problem-Based Learning dengan metode Heuristik (PBLmH) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan model Direct Instruction (DI). Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiments pre- and posttest design. Subjek penelitian (sampel) adalah siswa kels V di salah satu SD Negeri di kecamatan Ciasem. Data penelitian mengenai self-confidence menggunakan skala sikap. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik dengan uji-U Mann Withney. Hasil dari penelitian ini yaitu: peningkatan self-confidence siswa yang mendapat pembelajaran dengan menerapkan model PBLmH sama dengan siswa yang yang mendapat pembelajaran dengan menerapkan model DI.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-03-31
Issue
Section
Articles