PENGARUH KESADARAN AKAN LINGKUNGAN, MINAT TERHADAP LINGKUNGAN, DAN PERSEPSI SISWA DENGAN MODERASI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN DI SD STRADA SANTA MARIA, TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22851Keywords:
Artificial Intelligence, pengembangan profesional guru, persepsi kepala sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran lingkungan, minat terhadap lingkungan, dan persepsi lingkungan terhadap perilaku ramah lingkungan siswa sekolah dasar, dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah 222 siswa kelas 5 dan 6 di SD Strada Santa Maria Tangerang yang dipilih menggunakan metode sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis Skala Likert 5 poin, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan dan minat terhadap lingkungan berpengaruh signifikan terhadap perilaku ramah lingkungan, sedangkan persepsi lingkungan memiliki pengaruh yang lebih lemah dibandingkan kedua variabel lainnya. Dukungan sosial berperan penting dalam memperkuat hubungan antara kesadaran, minat, dan persepsi terhadap perilaku ramah lingkungan. Dukungan dari keluarga memiliki dampak paling besar, diikuti oleh teman sebaya dan lingkungan sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kesadaran, minat, dan dukungan sosial menjadi faktor utama dalam meningkatkan perilaku ramah lingkungan pada siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pendidikan yang berbasis pengalaman dan intervensi sosial untuk memastikan bahwa pemahaman lingkungan siswa dapat diterjemahkan menjadi tindakan nyata yang berkelanjutanDownloads
References
Makhrus, Muh., Ahmad Harjono, Abdul Syukur, Syamsul Bahri, and Muntari Muntari. 2019. “Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 3(2):124–28. doi: 10.29303/jipp.v3i2.20.
Putri, S. A. 2017. “Peran Dukungan Keluarga Dalam Pembentukan Perilaku Ramah Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan 6(2):98–110.
Rahmah, N. 2017. “Dampak Program Adiwiyata Terhadap Partisipasi Dan Perilaku Siswa Dalam Menjaga Lingkungan Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Lingkungan 6(1):45–57.
Sagala, Ahmad Habin, Galih Orlando, Fauzi Ahmad Syawaluddin, Jailani Syahputra Siregar, and Rendi Fitra Yana. 2024. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan pada Generasi Muda.” Jurnal Sains Riset (JSR) 14(1). doi: https://doi.org/10.47647/jsr.v14i1.2473.
Turan, Emine Zehra, Emine Zehra Turan, and Zübeyde Hanim Cad. 2019. “Teacher Canditates’ Environmental Awareness and Environmental Sensitivity.” International Journal of Higher Education 8(4).
Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04):529–35. doi: 10.57008/jjp.v2i04.301.
Wandari, D. A., and S. Darma. 2021. “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Konsistensi Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Di Sekolah.” Jurnal Psikologi Sosial Dan Pendidikan 10(3):210–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.