PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS OLEH ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22834Keywords:
Kosa kata, Bahasa Inggris, dan Orang Tua.Abstract
Bahasa Inggris memiliki peran esensial pada era globalisasi sebagai salah satu kompetensi untuk mengembangkan kepercayaan diri sehingga mampu bersaing di dunia internasional. Mengenalkan kosa kata bahasa Inggris memberikan dampak positif bagi anak usia dini, karena itu diperlukan strategi yang tepat agar kemampuan bahasa Inggris anak usia dini berkembang lebih optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematik review. Database elektronik yang digunakan adalah Google Scholar. Pencarian awal didapatkan 15 artikel jurnal kemudian dipilih berdasarkan kriteria eksklusif sehingga didapatkan tujuh artikel jurnal yang diidentifikasi menggunakan teknik. Hasil sistematik review yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam pengenalan kosa kata bahasa Inggris kepada anak usia dini, komunikasi haruslah berjalan baik antara orang tua dengan anak sehingga perkembangan bahasa anak dapat tercapai sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Peranan orang tua juga penting dalam proses pengenalan kosa kata bahasa Inggris di rumah meskipun dalam waktu yang singkat agar kemampuan bahasa Inggris anak semakin berkembang.Downloads
References
Chaniago, A. D. et al. (2021). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Mandiri Kepada Anak Usia Balita Di Klinik Erni Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Medan Tahun 2020. Abdimas Unwahas, 6(2), 113–117.
Diniyah, F. (2017). Persepsi Orang Tua dan Guru Mengenai Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 29–39. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1594.
ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916.
Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Warta, 50(1), 15–19.
Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2021). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209.
Nurhadi, A. (2012). Teaching English To Young Learners ( Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini ). Educate, 1(1), 1–4.Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95–106. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037.
Papalia, Diane., Sally Wendkos., Ruth Duskin Feldman. (2001). Human Development eight edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
Saiki, M., Siming, M., Liwang, N. S., & Kusumawardhani, R. (2021). Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(1), 30–33.
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. MAKARA, Sosial Humaniora, 9(2), 8.
Ulya, N., & Na’imah, N. (2022). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5191–5199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2925.
Wirsa, K., & Saridewi, S. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-04.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.