PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA KELAS IV SD NEGERI SOMONGARI
Penelitian Pengembangan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22829Keywords:
Multimedia interaktif, Kearifan Lokal, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujun untuk 1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal terintegrasi profil pelajar pancasila materi pengaruh gaya terhadap benda kelas IV SD Negeri Somongari sesuai dengan model ADDIE. 2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal terintegrasi profil pelajar pancasila materi pengaruh gaya terhadap benda kelas IV SD Negeri Somongari. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Subjek penelitian ini adalah 18 peserta didik kelas IV SD Negeri Somongari. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, angket respon peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, penilaian ahli, tes dan pengamatan profil pelajar pancasila. Analisis data dihitung berdasarkan persamaan yang telah di tentukan. Data dianalisis untuk menilai kelayakan, kepraktisan dan keefektifan multimedia interaktif. Hasil penelitian 1) Multimedia Interaktif berbasis kearifan lokal yang terintegrasi dengan profil pelajar pancasila pada materi pengaruh gaya terhadap benda untuk kelas IV SD Negeri Somongari. 2) Kelayakan multimedia interaktif sebagai berikut: a) multimedia interaktif ini layak digunakan dengan validasi ahli memperoleh rata-rata 92,87% dengan kelayakan yang sangat baik. b) kepraktisan ditunjukkan pada hasil rata-rata respon peserta didik 84,67% sangat praktis dan keterlaksanaan pembelajaran 90,62% masuk kategori yang sama. c) keefektifan dilihat dari rata-rata N-gain 0,74 kategori tinggi dan tafsiran persentase N-gain 74% dengan kriteria efektif serta profil pelajar pancasila peserta didik paling banyak masuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagai sumber belajar.Downloads
References
Anafi, K., Iskandar, W., Ibut, P. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Diunduh dari https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3206 pada tanggal 8 Januari 2024
Anjarini, T., & Suyoto. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar. SOSHUMDIK. Diunduh dari https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.221 pada tanggal 8 Februari 2025
Christina, E., Deo Sandeva, S., Trivinita, D., & Bayu, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Penyakit Langka Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Metode Luther. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) (Issue 6). Diunduh dari https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i1.856 pada tanggal 13 April 2023
Fatmawati, Z., Nurhidayati., & Rintis Rizkia P. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Karakter Pelajar Pancasila Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Binagogik. Diunduh dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd pada tanggal 14 September 2024
Febriani, S., Sri, H., Agung, T., Nuni, W., & Puji, N. (2022). Kelayakan Dan Kefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam. Journal Chemistry In Education. Diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined pada tanggal 15 Juni 2023
Irawati. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL, 6, 1224–1238.
Kurnia, L. (2022). Aplikasi Kuis Interaktif Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. (Vol. 2, Issue 1). Jurnal Education Social Science. Diunduh dari https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/epi/article/view/6088 pada tanggal 15 April 2023
Laksmi, Putu Ayu Sita & I Gde, W. A. (2023). Kearifan Lokal Dalam Mendukung Pengembangan Industri Kreatif Di Provinsi Bali. Journal Scientific of Mandalika. Diunduh dari http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/issue/archive pada tanggal 13 April 2023
Machmud, T., Sartika, S., & Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Vygotsky Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 67. Diunduh dari https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.497 pada tanggal 13 Juli 2023
Ngazizah, Nur., Rosita, R., & Dwi, L, O. (2022). Pengembangan media komik berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik terpadu. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Diunduh dari https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187 pada tanggal 8 Februari 2025
Oroh, A., Pratasik, S., Komansilan, T., Pendidikan, J., Informasi, T., Komunikasi, D., & Teknik, F. (n.d.). PEngembangan Media Pembelajaran Desain Publikasi Berbasis Android Di Smk. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 3, Issue 1). Diunduh dari https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6757 pada tanggal 12 April 2023
Ramadhan, N., Nurita, P., dan Abdul, A, H. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Peta Bilangan Cacah (Pebica) Berbasis Andorid Pada Materi Sifat-sifat Operasi Hitung Pada Bilangan Cacah di SDN Tarokan 3. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuann Teknologi. Diunduh dari https://doi.org/10.51878/edutech.v4i1.3016 pada tanggal 14 september 2024
Ramlan, R. (2022). Perkembangan Karakter Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 109. Diunduh dari https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.592 pada tanggal 14 Juli 2023
Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. Diunduh dari https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618 pada tanggal 12 juni 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.