PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22762Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Problem Based Learning, Berfikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 55 siswa kelas V MI Negeri 4 Garut. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan sebelum dan sesudah intervensi. Berdasarkan hasil penelitian, uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,001, menunjukkan bahwa, penerapan pembelajaran diferensiasi berbasis PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensioal. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Downloads
References
Adisty, A. N., Evayenny, & Hasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Semnara 2021, 1–7. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id
Aisah, S. N., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). STRATEGI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKR KRITIS SISWA DI SDI MAMBAUL ULUM SIDOARJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 374–381.
Alawiyah, N., & Marlina, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).
Aminah, N., & Wahyuni, M. P. I. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar. LovRinz Publishing.
Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Atmojo, I. R. W., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya.
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2024). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184–194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Fujika, A., Anggereini, E., & Budiarti, R. S. (2015). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa sma n 5 kota jambi melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep pencemaran lingkungan. Biodik, 1(1).
Indawati, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Smp. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 98. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57269
Kuswinarno, M., Madura, U. T., & Inda, P. T. (2024). DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING. 2(11).
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan Pembelajaran Yang Interaktif Dalam Menumbuhkan Critical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.793
Nawati, A., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., Pendidikan, P., Universitas, D., & Tamansiswa, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 6167–6180.
Nurhayati, S., & Erviana, Y. (2024). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Presentasi Akademik: Evaluasi Dari Berbagai Aspek Kualitas Penyampaian Dan Interaksi. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), 185. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4688
Pramartha, I. N. B., Dewi, K. H. S., Rathintara, I. A. L., & Astapa, I. G. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Disposisi Matematis Melalui Instrumen Tes Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 326–333.
Pramugita, C., Azzahrah, A. F., Arfani, F., & Brilliyanti, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Berparkir Ceria Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 929–939.
Rasyidi, A. (2024). Islamic Education Review Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis sebagai pengembang pemahaman serta pengamalan ajaran Islam kehidupan sehari-hari Vol 1 , No 1 , Juni 2024 , ISSN XXXX-XXXX. 1(1), 1–21.
Rosyida, A., Nurjanah, S., Wicaksono, A., Maulana, I., & Fathoni, A. (2022). Optimalisasi Kebutuhan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. ELEMENTA: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(2), 63–71. https://doi.org/10.33654/pgsd
Shofia, P. A., Reffiane, F. R. F., & Maryati, M. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 6B SDN PANDEANLAMPER 03. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 232–245.
Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pelajaran IPA saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 188–192. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis siswa SMP Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.