PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TEKNIK DASAR PUKULAN LURUS PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KARAWANG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22737Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran audio visual terhadap teknik dasar pukulan lurus pencak silat Pada pada siswa kelas VIII SMPN 3 Karawang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Karawang Timur dengan jumlah siswa keseluruhan 176 orang dengan teknik sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dan instrumen penelitian yakni tes awal dan tes akhir. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan yaitu terdapat kenaikan hasil test sebesar 20% hal ini di buktikan dari hasil perhitungan T hitung < T tabel maka Ha diterima. Dalam hasil penelitian ini T hitung (11,334) dan T tabel (2,021) maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima.Downloads
References
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.
Fadhlilah, A. A., Abdillah, M. I., Riyadi, F. Y., Suryani, M., Rivaldo, R., & Rizkyanfi, W. (2024). Peran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Olahraga Pencak Silat di Masa Depan. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 302–314.
Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.
Kemdikbud, P. N. 37 tahun 2018. (2018). Lingkup Dan Urutan Materi Pembelajaran Pjok. 37, 99–108.
Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 437–452. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248
Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797
Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021).
Sumantri, R. J., & Nasuka, S. (2016). Pengaruh Media Gaya Mengajar Latihan dan Tingkat Motor Educability Terhadap Hasil Belajar Pencak Silat. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 127–133.
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatka Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia, 19–29. reprository.upi.edu
Ushuludin, F., & Dan, A. (2024). ( Studi Historis Perkembangan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Desa Rabak Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Periode Tahun 2010-2023 ) PROGRAM STUDI SEJARAH PERADABAN ISLAM JURUSAN STUDI AL- QUR ’ AN DAN SEJARAH UNIVERSITAS ISLAM NEGE.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.