PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA

Authors

  • Nurrohmatillah PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang
  • Isa Ansori PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22688

Keywords:

Development, Digital Comics, Learning Outcomes, History of Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital guna meningkatkan hasil belajar sejarah perumusan Pancasila pada siswa sekolah dasar. Proses penelitian mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1) analisis potensi dan masalah, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, dan (5) evaluasi/perbaikan produk. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan guru dan siswa, validasi ahli media dan materi, serta uji coba kelompok kecil dan besar. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif berbasis instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital ini sangat layak digunakan, terbukti melalui validasi ahli dan uji coba pada kelompok kecil serta kelompok besar besar. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media pembelajaran inovatif guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang dianggap sulit dan membosankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvi, O. :, Dwi Anggraini, A., Wiryokusumo, I., Leksono, P., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (n.d.). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE.

Amali, L. M. K., Ntobuo, N. E., Uloli, R., Mohamad, Y., & Yunus, M. (2023). Development of Magnetic Digital Comics in Science Learning to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 548–555. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2915.

Damopolii, I., Lumembang, T., & İlhan, G. O. (2021). Digital Comics in Online Learning During COVID-19: Its Effect on Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(19), 33–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i19.23395.

Dewi, N. P. Y. C., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Comic Media in Learning Fable Stories for Second Grade Elementary School Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(1), 181–191. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.42424.

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN.

Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SD KELAS V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of Learning Media Flipbook Digital Comic Based on Local Wisdom to Increase Learning Interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline814

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD (Vol. 6, Issue 1).

Lubis, M. A., Bungana, R., Perangin-Angin, B., & Setiawan, D. (n.d.). PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MIN MEDAN SUNGGAL.

Luh Putu Ari Laksmi, N., & Wayan Suniasih, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. 5. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Nasution, A. E., & Hidayah, M. W. (2019). E-KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. In Jurnal Iqra (Vol. 13, Issue 01). www.hdr.undp.org

Prof. Dr. Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Reinita, R., Jannah, M., & Sandika, F. A. (2023). The practices of digital comic media based on the PBL model in elementary school. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(2), 149–157. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.58625

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Learning media is also interpreted as tools and materials used to streamline and streamline the learning process to achieve learning objectives. Research and Development Journal of Education, 6(2): 32.

Sihombing, V. I. C. (2020). RANCANGAN BANGUN KOMIK SEJARAH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS di SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7847

Siregar, R. S., & Rohani, R. (2022). Development of Science Digital Comics as a Learning Media of Human Digestive System to Improve Students’ Reading Interest. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1435–1445. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1435-1445

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156

Silva, A.B.D., dkk. (2021). The Comic as Teaching Strategy in Learning of Students in an Undergraduate Management Program. Scielo. 18(1): 40-65.

Downloads

Published

2025-03-08