PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22688Keywords:
Development, Digital Comics, Learning Outcomes, History of PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital guna meningkatkan hasil belajar sejarah perumusan Pancasila pada siswa sekolah dasar. Proses penelitian mengikuti model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1) analisis potensi dan masalah, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, dan (5) evaluasi/perbaikan produk. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan guru dan siswa, validasi ahli media dan materi, serta uji coba kelompok kecil dan besar. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif berbasis instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital ini sangat layak digunakan, terbukti melalui validasi ahli dan uji coba pada kelompok kecil serta kelompok besar besar. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media pembelajaran inovatif guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang dianggap sulit dan membosankan.Downloads
References
Alvi, O. :, Dwi Anggraini, A., Wiryokusumo, I., Leksono, P., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (n.d.). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HURUF DAN ANGKA DENGAN MODEL ADDIE.
Amali, L. M. K., Ntobuo, N. E., Uloli, R., Mohamad, Y., & Yunus, M. (2023). Development of Magnetic Digital Comics in Science Learning to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 548–555. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2915.
Damopolii, I., Lumembang, T., & İlhan, G. O. (2021). Digital Comics in Online Learning During COVID-19: Its Effect on Student Cognitive Learning Outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(19), 33–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i19.23395.
Dewi, N. P. Y. C., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Comic Media in Learning Fable Stories for Second Grade Elementary School Students. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(1), 181–191. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.42424.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN.
Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SD KELAS V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of Learning Media Flipbook Digital Comic Based on Local Wisdom to Increase Learning Interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline814
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD (Vol. 6, Issue 1).
Lubis, M. A., Bungana, R., Perangin-Angin, B., & Setiawan, D. (n.d.). PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MIN MEDAN SUNGGAL.
Luh Putu Ari Laksmi, N., & Wayan Suniasih, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. 5. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Nasution, A. E., & Hidayah, M. W. (2019). E-KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. In Jurnal Iqra (Vol. 13, Issue 01). www.hdr.undp.org
Prof. Dr. Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Reinita, R., Jannah, M., & Sandika, F. A. (2023). The practices of digital comic media based on the PBL model in elementary school. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(2), 149–157. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.58625
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Learning media is also interpreted as tools and materials used to streamline and streamline the learning process to achieve learning objectives. Research and Development Journal of Education, 6(2): 32.
Sihombing, V. I. C. (2020). RANCANGAN BANGUN KOMIK SEJARAH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS di SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7847
Siregar, R. S., & Rohani, R. (2022). Development of Science Digital Comics as a Learning Media of Human Digestive System to Improve Students’ Reading Interest. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1435–1445. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1435-1445
Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156
Silva, A.B.D., dkk. (2021). The Comic as Teaching Strategy in Learning of Students in an Undergraduate Management Program. Scielo. 18(1): 40-65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.