PENGARUH PENERAPAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rizki Wahida Arni Malau Universitas Negeri Medan
  • Siti Nurhayati Universitas Negeri Medan
  • Amin Fauzi Universitas Negeri Medan
  • Zulkifli Matondang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22673

Keywords:

Wordwall, Hasil belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran masih mencitai budaya lama sehingga esensi tujuan dari IPS masih kurang dipahami. Pemanfaatan media dalam pembelajaran kurang diterapkan sehingga membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interkatif berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yaitu Pre-Experimental Design Type One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SDN 101765 Bandar Setia. Sampel kelas V-B berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian rata-rata hasil pretes adalah 57,5 dan postest adalah 83,75. Hasil paired samples Correlations adalah 0.548 dan  maka disimpulkan terdapat hubungan antara pretest dan postest yang erat. Hasil uji hipotesis yaitu besar signifikan (2-tailed) 0,000 yang berarti sig.(2- tailed)<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterma. Dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan antara pembelajaran konvesional dan pembelajaran berbasis interaktif terhadap hasil belajar siswa pada suatu materi energi dan perubahannya. Kata Kunci: Wordwall, Hasil belajar, Pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. (2014). Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Prestasi Pustaka.

Ainishifa, H., Bunari, & Suroyo. (2023). Pengaruh Media Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri I KABUN. 8(September), 321–331.

Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jpmr, 07(01), 13–26. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Septu, D., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3828

Cahyani, N. L. P., & Jayanta, I. N. L. (2021). Digital Literacy-Based Learning Video on the Topic of Natural Resources and Technology for Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Harefa, E., Afendi A, R., Karuru, Sulaeman, Wote, A., & Azizah Nur. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran (Sepriano & Efitra (Eds.); ke-1). PT. Sonpedia Puplishing Indonesia.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691

Larosa, S. fajar, Asmin, & Lubis, W. (2024). Development of learning videos through the problem-based learning model to improve learning outcomes and creativity of Grade V students. Inovasi Kurikulum, 21 No 2(2), 849–868. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v21i2.68590 868

Nurena, S. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Nureva 1 , Siska Wulandari 2 1,2. Jurnal Iqra Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Praditia, P., Kartakusumah, B., & Bisri, H. (2020). Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor. Tadbir Muwahhid, 4(2), 183. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3274

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Ratnasari, D., Dhiya, H. R., Susanti, A., Pd, S., & Pd, M. B. I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan. … Seminar Nasional Hasil …, 1243–1250. http://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/10848

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kualitatif untuk peneltian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (Y. S. Suryandari (Ed.); ke-3). Alfabeta, CV. www.cvalfabeta.com

Sugiyono (Ed.). (2019). metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D. Alfabeta, CV.

Triana, L. (2017). Penggunaan Strategi Mind Mapping Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sdn I Wonorejo Demak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1810

Wahyuniagrun, H. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Asesmen Pembelajaran Terhadap Kurikulum Merdeka. JURNAL ILMU PENDIDIKAN NASIONAL, 1(April), 38–44.

Downloads

Published

2024-12-31