PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DOFA (DONGENG FABEL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI BACA SISWA KELAS II SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22664Keywords:
Scrapbook, Fable Story, Reading LiteracyAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat literasi baca siswa kelas II SDN Cibatu 02 dalam pengembangan media DoFa (Dongeng Fabel). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD dengan model pengembangan ADDIE. Untuk uji validitas dilakukan oleh para validator yang menghasilkan 92% untuk validasi ahli materi, 70% untuk validasi ahli bahasa, dan 96% untuk validasi ahli media. Dengan ketiga skor validator menghasilkan rata-rata 86% yang menunjukkan kategori sangat valid untuk diuji cobakan. Hasil respon guru 90% membuktikan bahwa media sangat baik dan praktis untuk digunakan. Hasil respon siswa terhadap efektivitas media 89,46%, membuktikan bahwa media sangat efektif. Hasil minat literasi baca siswa menghasilkan rata-rata persentase 83,19% yang menunjukkan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook DoFa (Dongeng Fabel) dapat meningkatkan minat literasi baca siswa.Downloads
References
Aisyah, S., Maria Goreti Rini Kristiantari, & I Wayan Wiarta. (2022). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Dalam Keragaman Untuk Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 194–199. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.174
Arulampalam Kunaraj, P.Chelvanathan, Ahmad AA Bakar, I. Y. (2023). Pengembangan media papan edukatif mata pelajaran ipa materi bagian-bagian tumbuhan KELAS IV MI Roudutul uqul malang. Journal of Engineering Research.
Barokah, A., & Octaviani, O. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 10-15. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2455
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. ManajemenPendidikan,12(1), 26. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972.F
Utaminingsih, S., Agustini, F., & Aniq KHB, M. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 64. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17378.N
Utomo, H. N., Arifin, I., & Timan, A. (2018). Latar Minat & Animo Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Kejuruan 4 Tahun. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um027v1i12018p45.F
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.K
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762.H
Sugiyono. (2023) Metode kuantitatif kualiatif dan R&D (kedua).Alfabeta
Riduwan. (2019). Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Fiangga, S., Amin, siti M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, nina rinda. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631.L
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com.F
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118.R
Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 271–278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1255.J
Lisma, E., Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345.P
Muslimin. (2018). Foster a Culture of Literacy Through Increased Reading. Cakrawala Pendidikan, 2. https://media.neliti.com/media/publications/237931-none-74db0b06.pdf.F
Misbah, M. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(02), 42-53. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v4i02.3937
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411.R
Nurdiana, I., & Murjainah. (2018). Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 41 Palembang. Edutech, 16(3), 274–287. https://doi.org/10.17509/e.v16i3.8079.M
Nurfadilla, & Rosleny. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 443–450. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/1173/1071.W
Nurhab, M. irpan. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 255–274.
OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing.
Pambudi, B. A. (2018). Hubungan Penggunaan Jaringan Internet, Pelayanan Administratif, Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 159–168. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159.F
Pangesti, fitraning tyas puji. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
Pratiwi, siti habsari. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah, 3(1), 27–48. https://journal.arraniry.ac.id/index.php/fitrah/article/download/835/556/.N
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003.F
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405.I
Sadli, M., & Saadati, baiq arnika. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829.K
Saeful, A. R. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatkan Minat Membaca pada Pembelajaran Indonseia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 30. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/7494.D
Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/download/14563/7147.C
Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 270–276. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4367.B
Setiawan, andika aldi, & Sudigdo, A. (2019). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 27.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333.G
Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jpbsi.v1i1.70.O
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.