PENGEMBANGAN MEDIA RODA ARSIR PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22539Keywords:
Media, Roda Arsir, PecahanAbstract
Penelitian ini mengkaji kelayakan pengembangan media roda arsiran pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Nilai ulangan harian matematika rata-rata sebesar 68,00, yang menunjukkan siswa belum mencapai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yaitu 70,00. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan pengembangan media roda arsir pada materi pecahan dan untuk menganalisis hasil belajar matematika materi pecahan biasa siswa SDN Sugihwaras setelah penerapan media roda arsir. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RND). Subjek uji coba pada penelitian ini dipilih dari kelas IV C SDN Sugihwaras dengan jumlah 25 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media roda arsir layak digunakan untuk siswa kelas IV SDN Sugihwaras karena media pelajaran matematika dapat dikatakan layak dengan memperoleh presentase 80%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata media pembelajaran Roda Arsir pada mata pelajaran matematika materi pecahan biasa sebesar 82%, yang berarti pada kategori sangat baik dan sudah sesuai dengan materi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media arsir dapat meningkatkan hasil belajar matematika untuk pecahan biasa secara signifikan. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 59,52 menjadi 89,20 dengan nilai N-Gain sebesar 73. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media arsir layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Sidokepung 1 Sidoarjo dan SDN SugihwarasDownloads
References
Ahmadi, A dan Supriyono. (2019). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Anitah, dkk. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan. Nasional
Arifin, Zainal. (2018). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad. i(2018). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Cahyanti. (2018). Pengembangan Media Papan Arsir Bongkar Pasang Materi Operasi Hitung Pecahan Bagi Siswa Kelas IV SD. JPGSD. Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018, 342-352
Chalimah, Chasifatul. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa Berpenyebut Tidak Sama di MI. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Dabell, John, (2019). Aktivitas Permainan dan Ide Praktis Belajar Matematika, Jakarta: Erlangga.
Damyati dan Mudjiyono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka iCipta
Dewi. Galuh Kartika. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar, Volume 1 No.1, Mei 2017
Supriatna. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Membangun Pemahaman Konsep. Jurnal Gent Ala Pendidikan Dasar Vol 6 No. 2 Desember 2021, Halaman 112-138 P-ISSN: 2614-7092, E-ISSN:2621-9611
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.