PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22528Keywords:
TGT, Quizizz, Concept comprehension abilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa setelah diterapkan model TGT berbantuan media quizizz
paper mode dan mengetahui aktivitas belajar serta keterlaksanaan pembelajaran
saat diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan media quizizz paper mode.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 81 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan
yaitu penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperiement design, dengan bentuk
one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN 81 Singkawang. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh yang
berarti semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa setelah diterapkan model TGT berbantuan media quizizz paper mode di kelas
V, 2) aktivitas belajar siswa saat diterapkan model TGT berbantuan quizizz paper
mode termasuk kategori aktif, 3) keterlaksanaan pembelajaran model TGT
berbantuan media quizizz paper mode dalam kategori sangat baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.