ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MAHASISWA CALON GURU MI/SD DI INSTITUT UMMUL QURO AI-ISLAMI BOGOR

Authors

  • Siti Aisah PGMI FTIK Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Eka Ilaika PGMI FTIK Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Keywords:

Science Process Skills, Students of Primary School Teacher

Abstract

Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa 41,1% pelajar Indonesia hanya mampu menggunakan ilmu pengetahuan dasar untuk mengidentifikasi fenomena ilmiah yang sederhana, serta tidak mampu menggunakan konsep ilmiah abstrak untuk menjelaskan fenomena yang lebih komplek, membuat hipotesis, prediksi, ataupun mempertanyakan dan mengidentifikasi keterbatasan data ilmiah. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran IPA lebih menekankan pada IPA sebagai produk saja, peserta didik dibebankan pada pencapaian pengetahuan yang harus dikuasai sementara IPA sebagai proses tidak diimplementasikan dalam pembelajaran. Padahal keterampilan proses adalah fondasi bagi tumbuhnya kreativitas, kapasitas berpikir, dan kemampuan pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan di masa depan. Penelitian ini menganalisis secara mendalam penguasaan keterampilan proses sains pada mahasiswa calon guru MI/SD, untuk memastikan bahwa mereka memiliki kompetensi yang diperlukan dalam mengajar IPA di tingkat dasar. Pengujian dilakukan menggunakan instrumen tes yang mengacu pada indikator KPS dasar dan terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecakapan mahasiswa PGMI pada KPS dasar berbeda dengan KPS terpadu. Keterampilan mengobservasi, mengukur, memprediksi, dan menghubungkan ruang dan waktu yang termasuk dalam KPS dasar tergolong dalam kategori baik. Meskipun keterampilan mengklasifikasi dan menyimpulkan merupakan KPS dasar namun tergolong dalam kategori kurang dan sangat kurang. Keterampilan yang termasuk dalam KPS terpadu mahasiswa PGMI masuk dalam kategori kurang dan sangat kurang. Keterampilan membuat hipotesis berkategori kurang, sementara keterampilan dengan kategori sangat kurang adalah keterampilan merancang percobaan, mengontrol variabel, dan menafsirkan data. Penelitian ini merekomendasikan adanya kegiatan praktikum sederhana dalam pembelajaran mata kuliah IPA dan variasi model pembelajaran seperti PBL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.

Marto, H., & Insiano, D. A. (2023). Model Pembelajaran Guided-Inquiry dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa SMA. Penerbit NEM.

Mendikbudristek. (2024). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Menengah. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. Retrieved October 18, 2024

OECD. (2023). PISA 2022 Result. Factsheets - Indonesia.

Rustaman, N. Y. (2007). Keterampilan Proses Sains. Sekolah Pascasarjana. UPI Bandung.

Semiawan, C., dkk. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Suja, I. Wayan. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya. Depok: Rajawali press.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Jurnal :

Aisah, S. (2020). Analisis pemahaman guru tentang konsep hakikat IPA dan pengaruhnya terhadap sikap ilmiah siswa. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 16-26.

Aisah, S., Agustini, R. R., & Putri, W. (2023, October). Evaluation of Teachers Understanding of the Scientific Approach and Its Influence on Learning in Elementary Schools District Leuwiliang-Bogor. In Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education (Vol. 1, pp. 95-104).

Alamsyah, S., Annisa, M., & Kusnadi, D. (2018). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN 045 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 8 (1).

Anisa, T. M., Supardi, K. I., & Sedyawati, S. M. R. (2014). Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 8 (2).

Bahri, S., Oviana, W., & Billiyan, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI. Kalam: Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, Vol. 8(2), 122-144.

Daniah, D. (2020). Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, Vol. 9(1).

Hadiya, I. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Merangkai Rangkaian Elektronika Sederhana. Jurnal Relativitas, Vol. 1 (1): 9-22.

Hasyim, F. (2019). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), Vol. 2 (1): 80-89.

Latukau, M. (2022). Pembelajaran IPA Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 8 (23): 351-362.

Khairunnisa, Ita, dan Istiqamah. (2019). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Bio-Inoved, Vol. 1 (2): 58-65.

Mutmainnah, S., dkk. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Pendidikan Biologi ditinjau dari Kemampuan Akademik (Studi Kasus di Salah Satu Universitas Di Surakarta). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. Vol. 3 (1): 49-56.

Ngana, S. N., Manu, T. S., & Tnunay, P. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Metode Brainstorming Di Smp N 20 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, Vol. 4 (2): 63-70.

Nurani, D. C., Adikara, F. S., Hartono, H., Safitri, M. L. O., & Savitri, D. A. The Development of Inquiry-Oriented Google Sites Learning Media to Improve Students' Science Process Skills. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2): 133-144.

Papilaya, P. M. (2015). Meningkatkan Motivasi Dan Ketrampilan Proses Sains Melalui Kerja Ilmiah Bertanya Pada Konsep Sistem Klasifikasi Tumbuhan Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Siswa Smp Kelas Vii Ambon. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, Vol. 2 (1): 56-72.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal pedagogy, Vol. 15 (1): 75-94.

Saputra, A. R., Atmojo, I. R., dan D.Y. Saputri. (2023). Analisis Konten Keterampilan Proses Sains Dasar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11(1).

Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022, December). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 82-96).

Suja, I. Wayan. (2006). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Keterampilan Proses Sains di SD Menuju Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Vol. 39 (1): 39-53.

Susilana, R. dan Heli Ihsan. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Jurnal Edutech, Vol 1 (2): 183-195.

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis dan ketrampilan proses sains pada pelajaran biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Syahidah, I. (2024). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) Berbantuan Phet Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Struktur Atom (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Syazali, M., Aisa Nikmah Rahmatih, dan Nursaptini. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi Spada Unram. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 16 (1); 103-112.

Virginia, S. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris IPA pada Matakuliah Biologi Umum di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Skripsi UIN Bengkulu.

Yampap, U. dan Hendrikus Ruma Bay. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, Vol. 3 (1): 57-64.

Yulianti, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, Vol. 8 (2): 123-135.

Downloads

Published

2025-03-09