ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN METODE GAMES BASED LEARNING UNTUK MEMINIMALISIR BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Ratnawati Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Roro Nanik Setyawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22471

Keywords:

Games Based Learning, IPAS, Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa analisis dokumen penilaian, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data awal diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di SD Negeri Kramatjegu 1 masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh materi pembelajaran IPA yang kompleks, terbatasnya jumlah kalender akademik, dan kurangnya variasi bahan ajar sehingga memicu partisipasi aktif dari siswa. Bahan ajar yang sering digunakan adalah buku teks pemerintah dan handout dari berbagai penerbit. Penelitian ini dapat dijadikan metode Game Based Learning yang sesuai dengan materi pembelajaran IPAS sehingga hasil belajar siswa dapat meningkatkan dan menurunkan tindakan bullying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media: Yogjakarta

Farda, U.J.F.J., Binadja, A. and Purwanti, E., 2016. Validitas pengembangan bahan ajar ipa bervisi sets. Journal of Primary Education, 5(1), pp.36-41.

Gotriansyah, K., Winarni, E.W. and Dalifah, D., 2021. Analisis Buku Tematik Siswa Muatan Ipa Ditinjau Dari Dimensi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural Dan Metakognisi (Studi Deskriptif Materi IPA Tema 6 dan 7 Kelas VI SD). JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), pp.349-362.

Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur, A. and Merta, I.W., 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), pp.521-527.

Karima, R. and Sumarno, I.D., 2021. Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Media Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara: Jakarta diakses melalui https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=Wp7BQrT2hA& dq=apa%20itu%20buku%20ajar&lr&pg=PR4#v=onepage&q&f=false

Nabillah, T. and Abadi, A.P., 2020. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Prenadamedia Group: Jakarta.

Wati, E., Harahap, R.D. and Safitri, I., 2022. Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), pp.5994-6004.

Downloads

Published

2024-12-31