PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN INOVASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI INTERVENING PADA SD NEGERI DI KOTA CILEGON

Authors

  • Irfan Firdaus Universitas Bina Bangsa
  • Sutisna Universitas Bina Bangsa
  • Mamay Komarudin Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22453

Keywords:

Transformational Leadership, Innovation, Work Motivation, Teacher Performance

Abstract

An organization's members may be guided in their work by a leader. The principle has the power to influence every student and staff member in the school by his or her charismatic Transformational Leadership style, which in turn may boost the motivation of honorary instructors to do a good job. With motivation as a moderating variable, this research seeks to examine the function of transformational leadership and innovation in raising the performance of honorary teachers in Cilegon City's public elementary schools. Honorary teachers from Cilegon City, Banten Province, who were employed by public elementary schools made up the population studied. There were 153 honorary teacher responders that made up the sample for this research. In order to gather information for this research, a survey was sent out via several social media platforms. This research used SmartPLS v.3.2.8 and the Structural Equation Model (SEM) PLS for analysis. The study's findings indicate that 1) Transformational leadership does have an effect on employee motivation. 2) Transformational leadership has an effect on how well teachers do their jobs. Thirdly, innovation affects intrinsic motivation at work. 4) Innovation has an effect on how well teachers do their jobs. 5) The work motivation of teachers affects their performance in the classroom. 6) As an intermediary, work motivation is a means via which transformational leadership affects teacher performance. 7) As an intermediary, innovation affects teacher performance via work motivation. To sum up, Honorary Teachers' Performance Can Be Boosted Through Transformational Leadership, Innovation, and Work Motivation    

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irfan Firdaus, Universitas Bina Bangsa

   

Sutisna, Universitas Bina Bangsa

Anggota organisasi dapat dibimbing dalam bekerja oleh seorang pemimpin. Kepala sekolah memiliki kekuatan untuk mempengaruhi setiap siswa dan staf di sekolah melalui gaya Kepemimpinan Transformasional yang karismatik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi instruktur kehormatan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan motivasi sebagai variabel moderasi, penelitian ini berupaya untuk mengkaji fungsi kepemimpinan transformasional dan inovasi dalam meningkatkan kinerja guru kehormatan di sekolah dasar negeri Kota Cilegon. Guru kehormatan dari Kota Cilegon, Provinsi Banten, yang dipekerjakan oleh sekolah dasar negeri merupakan populasi yang diteliti. Ada 153 responden guru kehormatan yang menjadi sampel untuk penelitian ini. Untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini, survei dikirimkan melalui beberapa platform media sosial. Penelitian ini menggunakan SmartPLS v.3.2.8 dan Structural Equation Model (SEM) PLS untuk analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan transformasional memang berpengaruh terhadap motivasi karyawan. 2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap seberapa baik guru melakukan pekerjaan mereka. 3) inovasi mempengaruhi motivasi intrinsik di tempat kerja. 4) Inovasi mempengaruhi seberapa baik guru melakukan tugasnya. 5) Motivasi kerja guru mempengaruhi kinerja mereka di kelas. 6) Sebagai perantara, motivasi kerja merupakan sarana yang melaluinya kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru. 7) Sebagai perantara, inovasi mempengaruhi kinerja guru melalui motivasi kerja. Singkatnya, Kinerja Guru Honorer Dapat Didorong Melalui Kepemimpinan Transformasional, Inovasi, dan Motivasi Kerja.  

Mamay Komarudin, Universitas Bina Bangsa

Anggota organisasi dapat dibimbing dalam bekerja oleh seorang pemimpin. Kepala sekolah memiliki kekuatan untuk mempengaruhi setiap siswa dan staf di sekolah melalui gaya Kepemimpinan Transformasional yang karismatik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi instruktur kehormatan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan motivasi sebagai variabel moderasi, penelitian ini berupaya untuk mengkaji fungsi kepemimpinan transformasional dan inovasi dalam meningkatkan kinerja guru kehormatan di sekolah dasar negeri Kota Cilegon. Guru kehormatan dari Kota Cilegon, Provinsi Banten, yang dipekerjakan oleh sekolah dasar negeri merupakan populasi yang diteliti. Ada 153 responden guru kehormatan yang menjadi sampel untuk penelitian ini. Untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini, survei dikirimkan melalui beberapa platform media sosial. Penelitian ini menggunakan SmartPLS v.3.2.8 dan Structural Equation Model (SEM) PLS untuk analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan transformasional memang berpengaruh terhadap motivasi karyawan. 2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap seberapa baik guru melakukan pekerjaan mereka. 3) inovasi mempengaruhi motivasi intrinsik di tempat kerja. 4) Inovasi mempengaruhi seberapa baik guru melakukan tugasnya. 5) Motivasi kerja guru mempengaruhi kinerja mereka di kelas. 6) Sebagai perantara, motivasi kerja merupakan sarana yang melaluinya kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru. 7) Sebagai perantara, inovasi mempengaruhi kinerja guru melalui motivasi kerja. Singkatnya, Kinerja Guru Honorer Dapat Didorong Melalui Kepemimpinan Transformasional, Inovasi, dan Motivasi Kerja  

References

Agustina Muliati. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru yang Dimoderasi oleh Iklim Sekolah di MTSN 1 Medan. Islamic Education, 2(1), 25–30.

Al-Husseini, S., El Beltagi, I., & Moizer, J. (2021). Transformational leadership and innovation: the mediating role of knowledge sharing amongst higher education faculty. International Journal of Leadership in Education, 24(5), 670–693.

Ali, B. J., & Anwar, G. (2021). An Empirical Study of Employees ’ Motivation and its Influence Job Satisfaction. 2, 21–30.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian. 2(2).

Andryani, R., Firdaus, I., & Ilham Maliki, B. (2024). Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan yang Unggul. Journal on Education, 06(03).

Anwar, H., Defawati, Y., Demina, M., & Marsidin, S. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Individu (Guru). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1087–1095.

Arafat, Y. (2020). Principal ’ s Management Competencies in Improving the Quality of Education. 1(2), 181–193.

Arif, S., & K, A. H. (n.d.). Influence of Leadership , Organizational Culture , Work Motivation , and Job Satisfaction of Performance Principles of Senior High School in Medan City. 239–254.

Arifin, S., & Irfan, M. (2021). The Relationship Of Achievement Motivation And. 2(2), 1–6.

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.

Asbari, Masduki Purwanto, A , Novitasari, D. (2022). Kepuasan Kerja Guru: Di antara Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional. Jupetra, 01(01), 7–12.

Astuti, J. P., Sa, N., & Rahmawati, S. D. (2020). The Effect of Work Motivation , Work Environment , Work Discipline on Employee Satisfaction and Public Health Center Performance. 1(2), 153–173.

Bafadal, I., Nurabadi, A., Sobri, A. Y., & Gunawan, I. (2019). The Competence of Beginner Principals as Instructional Leaders in Primary Schools. 5(4), 625–639.

Baharudin, Syakhil Afkar Ramadhani, M., Resky, M., Abidin, D., & Faiz Ridlo, A. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan PTK Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Desa Karang Indah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1574–1580.

Bakker, A. B., Hetland, J., Kjellevold Olsen, O., & Espevik, R. (2022). Daily transformational leadership: A source of inspiration for follower performance? European Management Journal, December 2020.

Cheah, J. H., Amaro, S., & Roldán, J. L. (2023). Multigroup analysis of more than two groups in PLS-SEM: A review, illustration, and recommendations. Journal of Business Research, 156.

Dania, R. F. R., & Yohanna, C. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Dalam Mempertahankan Kinerja guru SMK di Masa Transisi. … : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(January), 283–292. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1653%0 Ahttps://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/download/1653/1199

Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Arifin, S., Putra, A. R., Hariani, M., Irfan, M., Rahman, Y., & Hakim, A. (2020). The Quality of Human Resources , Job Performance and Employee Loyalty. 24(03), 2580–2592.

Darminingsih, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Terhadap Kinerja Guru. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 124–131.

Dasmana, A. J. (2021). Kinerja Guru Dalam Menciptakan Inovasi Pembelajaran. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 23–32.

Datar, T., Astuty, W., Zaini, H., Fazis, M., & Erlinda, R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Self Monitoring Guru Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri di Kabupaten. 12, 130–147.

Deliu, N. (2023). Reinforcement learning for sequential decision making in population research. Quality and Quantity.

Didik Hadiyatno. (2024). Peran Pemimpin Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi : Studi Kasus Pada Industri Manufaktur. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 45–57. https://doi.org/10.62504/jimr424

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. 11(2), 1–5.

Fadley, H. (2023). The Effect Of Organizational Culture , Work Discipline , Quality Of Human Resources In Increasing Motivation. 1, 16–25.

Firdaus, Z. (2022). Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi terhadap Kinerja dengan Motivasi Sebagai Pemediasi. In Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK (Vol. 7, Issue 1, pp. 77–84).

Geel, M. Van, Keuning, T., & Safar, I. (2022). Teaching and Teacher Education : Leadership and Professional Development How teachers develop skills for implementing differentiated instruction : Helpful and hindering factors. 1(February).

Hamsal, T., Razak, A., & Islam Riau, U. (2023). Motivasi Dan Kompensasi, P., Kinerja Guru PAUD Se-Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar The Effect of Motivation and Compensation on the Performance of PAUD Teachers in Tambang District, Kampar Regencyid 2 *Corresponding Author. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 21–34.

Hardiansyah, H., Mardianti, E., & Najwa, L. (2020). Pengaruh Inovasi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di Smkn 9 Mataram Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Visionary Penelitian dan Pengembangan di bidang Administ

Haryono, S., Yogyakarta, U. M., & Sulistyo, B. A. (2021). Effects of Work Motivation and Leadership toward Work Satisfaction and Employee Performance : Evidence from Indonesia Effects of Work Motivation and Leadership toward Work Satisfaction and Employee Performance : Evidence from Indonesia. 7(June 2020).

Hasibuan, N., Pasaribu, F., & Tanjung, H. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional , Motivasi Dan Fasilitas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Siti Banun Rantauprapat. 4(1), 9–17.

Humeniuk, I., & Blyznyuk, Т. (2022). Interdisciplinary Coordination In The Primary School Teacher And Educator Training System. 9 (1), 139–145.

Irawanty, W. S., & Mulyanto, H. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Mediasi Motivasi Intrinsik Pendahuluan. 02 (03), 75–81.

Jainuddin, J., Putra, I.N., & Heriani, H. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Inovasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Inovasi.

Jamil Suprahatiningrum, Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2021)

Khofifah, T. F., & Banin, Q. Al. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 2(1), 55–69.

Kurnia, R., & Sanjaya, S. (2023). Kompetensi Profesional Instruktur Dalam Program Pelatihan : Sebuah Kajian Literatur. Paideia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 26–30.

Kurniawan, I. S., & Pratiwi, Y. I. (2021). Memperkuat Kinerja Inovasi: Peran Budaya Organisasi, Motivasi Intrinsik, Dan Berbagi Pengetahuan Ignatius Soni Kurniawan 1 , Yuliana Intan Pratiwi 2 1,2. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol 20 No 1 : 21 - 30 Memperkuat, 20(1), 21–30.

Kusuma, A., Purwanto, H., & Utama, P. (2021). Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Self Efficacy Sebagai Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 23(2), 302–309.

Lie, D., Dharma, E., & Sudirman, A. (2019). The impact of work discipline and work ethic on the teacher performance of Sultan Agung Pematang Siantar Private Middle School Teachers T.A. 2018/2019. International Journal of Business Studies, 3(3), 125–135

Lu, F., Tang, C., Liu, T., Zhang, Z., & Li, L. (2023). Multi-Attention Segmentation Networks Combined with the Sobel Operator for Medical Images. Sensors, 23(5).

Marliana, Hanny Zahara Utami Harahap, Dhea Fithaloka, Ikhwanoor Khair, Marzuki, & Effendi Sadly. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Umum. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 248–259.

Marthina Cyndy, & Ignatius Soni Kurniawan. (2022). Pengaruh Jiwa Wirausaha, Kemampuan Inovasi, dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha. In MANDAR: Management Development and Applied Research Journal (Vol. 5, Issue 1, pp. 185–190).

Maryati, T., & Juni, R. (2019). The Effect of Spiritual Leadership and Organizational Culture on Employee Performance : The Mediating Role of Job Satisfaction. 9(3), 130–143.

Marnur, W., & Sulastri. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Sekolah serta Strategi Analisis SWOT. Indonesian Journal of Administration or Management in Education (IJAM-Edu), 1(1), 70–74.

Mawardi, M.C. (2022). Pengembangan Kinerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Al Mujaddid Humaniora.

Mettatirtha, R., Anggreni, L., Anzaini, M. S., & Felicia, N. E. (2023). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kinerja Guru SD Swasta di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 132–144.

Morelli, F., Benedetti, Y., Stanford, J., Jerzak, L., Tryjanowski, P., Perna, P., & Santolini, R. (2024). Which bird traits most affect the goodness-of-fit of species distribution models? Ecological Indicators, 158.

Muhammad, F., Edward, & Wilian, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Enseval Putera Megatrading, Tbk Cabang Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 1–13.

Mulsiansyah, M., indarti, S., & Machsasin. (2023). pengaruh kepemimpinan dan kompetensi. Jurnal Daya Saing.

Muntaha, N. G., & Amin, A. (2023). Difusi Inovasi, Diseminasi Inovasi, Serta Elemen Difusi Inovasi. In Jurnal Pendidikan dan Konseling (Vol. 5, Issue 2, pp. 2548–2554).

Murwaningsih, T. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 703.

Nofita, I, D., (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah. 10(3), 1886–1896.

Pebrianti, H., Ruhiat, Y., Faturohman, N., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. 4(3), 3582–3594.

Rasidin, R., Disman, D., & Rahmat, P. S. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus Luragung Kabupaten Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 41-48

Sanusi, A., Sauri, S., & Nurbayan, Y. (2020). Non-native Arabic language teacher: Low teacher’s professional competence low quality outcomes? Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 45–60.

Sahari, Adi, Y., & Irwan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Malunda Provinsi Sulawesi Barat. JOMEL: Jurnal Online Manajemen ELPEI, 3(1), 437–452.

Sarifuddin, Rikardo, D., & Safii, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Politeknik Pelayaran Banten. E-Journal Marine Inside, 1(2), 33–45. 0

Silitonga, N., Johan, M., Asbari, M., Hutagalung, D., Novitasari, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., Pembangunan, I., Tinggi, S., Ekonomi, I., Pembangunan, I., Tinggi, S., Ekonomi, I., Pembangunan, I., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Pembangunan, I. (2021). Mengelola Kinerja Tim Engineering : Dari Iklim Kecerdasan Emosional hingga Team Efficacy. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 172–187

Sudiarthi, T. (2022). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–79.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2017. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2022

Sukerti, K., & Sudianing, N. K. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Smp Negeri 3 Singaraja. In Locus (Vol. 15, Issue 1, pp. 106–120).

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317-7326

Syakur, A., Sugirin, Margana, Junining, E., & Sabat, Y. (2020). Improving English language speaking skills using “Absyak” on-line learning model for second semester in higher education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 684–694.

Varelasiwi, R. S., Maisyaroh, M., & Burhanuddin, B. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Raudatul Atfal. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 395–403.

Wahyudi, I. (2023). Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif dan Kreatif Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: PT Pertasi Pustakarya

Waruwu, M. (2024). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Suatu Kajian Studi Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6870–6878.

Wijaya, O. M. (2022). Mengukur Peran Manajemen Pengetahuan, Human Capital, dan Inovasi dalam Mempengaruhi Kinerja Guru [Measuring the Role of Knowledge Management, Human Capital and Innovation in Influencing Teachers Performance]. Jurnal Ketopong Pendidikan, 2(1), 11. https://doi.org/10.19166/jkp.v2i1.5527

Wiryawan, T., Risqon, R., & Noncik, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Disiplin Serta Dampaknya Pada Kinerja. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 59–78.

Yani, E., Sari, R. N., & Fitrios, R. (2023). Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Pada Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Bengkalis. In Jesya (Vol. 6, Issue 1, pp. 358–369).

Wusqo, U., Wuryandini, E., & Rasiman, R. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 640–647.

Published

2025-03-22