ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Yaumi Sukiro Universitas PGRI Silampari
  • Wiji Nur Azzahrah Universitas PGRI Silampari
  • Mustamir Universitas PGRI Silampari
  • Wahid Nugroho Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22423

Keywords:

Development, Teaching Module, Inquiry

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze the needs in the development of inquiry-based teaching modules to improve English comprehension using the Borg & Gall development research design with the ADDIE model consisting of 5 steps, namely: (1) Analysis, (2) Implementation, Design, (3) Product development, (4) Implementation, (5) Evaluation. The study was conducted on grade XI students of SMA Negeri 4 Lubuklinggau. This research and development instrument shows that inquiry-based teaching modules can be a solution to improve student learning motivation and can help students understand English concepts more deeply.Keywords: Development, Teaching Module, InquiryABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dalam pengembangan modul ajar berbasis inquiry untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris dengan menggunakan desain penelitian pengembangan Borg & Gall dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu: (1) Analisis (Analisys), (2) Penerapan (Implementation), Perancamgan (Design), (3) Pengembangan produk (Development), (4) Penerapan (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa modul ajar berbasis inkuiri dapat menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep Bahasa Inggris secara lebih mendalam. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Ajar, Inkuiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris sebagai Dalam Menyongsong Asean. Jurnal Profesi Pendidik, 3 (1), 102-106.

Mohammad Afifulloh (2021), Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik di Era Pandemi Covid-19. Vol 6 (2). Diunduh di https://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/2625/2515-9656-1 PB.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Rahayu G.D.S. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran. Semarang: CV. Tre Alea Jacta Pedagogic.

Solikhah, F. N., & Wahidah, Z. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 16-29

Vienna Restiana (2021), Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Menggala Tahun Pelajaran 2020/2021. Diunduh https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4814/1/Skripsi%20Vienna%20Restiana%20%281701060035%29%20-%20Tadris%20Biologi.pdf

Downloads

Published

2025-03-14