HARGA, TESTIMONI DAN KUALITAS PRODUK: PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BLACKDOFF PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Moh Yusuf Firmansyah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mohammad Bukhori Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22378

Keywords:

Price, Testimony, Product Quality, Purchase Decision.

Abstract

Price, testimonials and product quality influence the decision to purchase Blackdoff products on the Shopee marketplace. The purpose of this research is to determine and analyze 1) the influence of price on purchasing decisions, 2) the influence of testimonials on purchasing decisions, 3) the influence of product quality on purchasing decisions, 4) the influence of price, testimonials and product quality on purchasing decisions. The research location is in the city of Malang, the population in this study is consumers of Blackdoff products, with a sample of 100 respondents using a purposive sampling technique. The analysis technique uses multiple linear regression with SPSS for Windows 26.0 statistical analysis. The research results show that 1) price influences purchasing decisions, 2) testimonials influence purchasing decisions, 3) product quality influences purchasing decisions, 4) price, testimonials and product quality jointly influence purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardyan, E., & Gunawan, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mark.on.Id. Performa, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2029

Badri, J., & Safitri, T. S. R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Instagram Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 372–380. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1377

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Edvin Fairliantina, N. I. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18–29. https://doi.org/10.35908/jeg.v8i2.2945

Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa, 6(4), 360–369. https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.

Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560

Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i2.740

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Universitas, ), Malang, M., Teknologi, I., Bisnis, D., & Malang, A. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @bbtnbromotenggersemeru. Seminar Nasional Kepariwisataan #2, 2(1).

Rizqika Solekhah, Muhammad Syaifulloh, & Ari Kristiana. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Word Of Mouth (WOM) Atau Testimoni Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Produksi Tia Sprei. Jurnal Projemen UNIPA, 10(3), 78–90. https://doi.org/10.59603/projemen.v10i3.83

Samosir, V. H. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Promosi, Dan Testimoni E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Feb Uma Pengguna Shopee. Universitas Medan Area.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyanto, A. (2020). Keputusan Pembelian Berdasarkan Persepsi, Motivasi, Dan Sikap Pada Marketplace. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 13(1), 16–22. https://doi.org/10.23969/jrbm.v13i1.1796

Tahany, S., Ikhwan, S., Dewi Mulyani, I., Studi Prodi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., Muhadi Setiabudi Brebes, U., Studi Prodi Akuntansi, P., Kunci, K., Pelayanan, K., & Pembelian Konsumen, K. (2023). Pengaruh Harga, Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM Mitra Mandiri Kabupaten Brebes). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1105–1114. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi Offset.

Usmar Wicaksono, P., & Mudiantono. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Axiata Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Solusi, 21(1), 10. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6064

Widodasih, R. W. K., Wirastomo, J. T., & BR, K. S. (2023). Pengaruh Testimoni, Social Media, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 1160–1166. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.757

Downloads

Published

2024-12-31