ANALISIS PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22366Keywords:
Platform Merdeka Mengajar, Kompetensi Profesionalisme GuruAbstract
Pengembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Mengajar (PMM), sebagai salah satu inovasi digital yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dirancang untuk mendukung guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan PMM terhadap kompetensi profesionalisme guru sekolah dasar dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, tiga guru penggerak, dan dua siswa di sebuah sekolah dasar di Sukabumi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur PMM, seperti materi ajar, pelatihan mandiri, dan komunitas belajar, secara signifikan meningkatkan kreativitas, rasa percaya diri, dan kemampuan reflektif guru. PMM juga memfasilitasi kolaborasi antarpendidik, memperkuat dukungan kepala sekolah, dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif bagi siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa PMM adalah solusi inovatif dalam menghadapi tantangan pendidikan digital di Indonesia, terutama di daerah terpencil, dan berkontribusi pada pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka. Temuan ini merekomendasikan perluasan penggunaan PMM untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan.Downloads
References
Agustini, C., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas Tinggi Sekolah Dasarpengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 128-139.
Amalia, M., & Tirtayasa, U. S. A. (n.d.). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0.
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Harmawati, Y. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilainilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar.
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi) Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Oemar Hamalik. (2016). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah, F. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 788–798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7108
Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Seminar Nasional -Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang: Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0, 235 –239. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 235 –239.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 14). Bandung: Alfabeta
Sutarjo, S. (2023). Mengoptimalisasikan Pendidikan Karakter Siswa Sebagai Fondasi Kebangkitan Generasi Emas 2045. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 257–262. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.187
World Bank. (2019). Teacher Quality in Indonesia: Challenges and Policy Directions.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.