PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TEMA TANAMAN TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SPS PUTRA SEJAHTERA KOTA JAMBI

Authors

  • Arda Surya Reida Savitri Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi
  • Winda Sherly Utami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22190

Keywords:

Pop-up Book, Kecerdasan Naturalis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan naturalis kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan LKPD sebagai media pembelajaran. Masalah lainnya juga terlihat  bahwa kurangnya kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya, kurangnya anak dalam mengenal tanaman dilingkungannya, ditunjukkan dari anak yang belum mampu dalam menyebutkan jenis-jenis tanaman, kurangnya anak dalam membedakan jenis-jenis tanaman, nama-nama tanaman, ciri-ciri tanaman, dan bagian-bagian tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book tema tanaman terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi 13 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar 24,2 t hitung > t tabel 2,329, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 2,65 yang berada pada rentang >1,00 dengan interpretasi strong effect. Dengan demikian media pop-up book tema tanaman dapat berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan naturalis pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1). Https://Doi.Org/10.30659/J.7.1.49-57

Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, ; Kamaluddin, Penulis, N., Nur, :, & Amin, F. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Pilar, 14(1).

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi, 3(1). Https://Doi.Org/10.33061/Ad.V3i1.2069

Asti, A. S. W. (2023). Analisis Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak. Ecej: Early Childhood Education Journal, 01(01).

Farida, H., Putri, S. U., & Muqodas, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Steam Menggunakan Media Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Application Of Steam Learning Using Loose Parts Based Media To Improve Children’s Naturalist Intelligence. 6(2), 122–133. Https://Doi.Org/10.36709/Jspaud.V6i2.75

Hidayat, Ibnu, and Andi Heru Susanto. 2022. “Pengaruh Kompensasi Dan Kerjasama Tim Terhadap Loyalitas Karyawan Mnc Studios Departement Traffic 3Tv (Mnctv, Gtv, Dan Rcti).” Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi 2(3): 68–76.

Karisma E, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i2.24458

Khan, R. I. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis (Nature-Smart) Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia,

Masykuroh, K., & Wahyuni, T. (2023a). Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal On Early Childhood, 6(2). Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V6i2.483

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat:Cv. Campustaka.

Ningtiyas, Tri, Punaji Setyosari, and Henry Praherdiono. 2019. “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan: 115–20.

Rocmah, L. I. (2016a). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V5i1.88

Rocmah, L. I. (2016b). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play Terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V5i1.88

Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(2). Https://Doi.Org/10.30829/Raudhah.V7i2.500

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). Https://Doi.Org/10.14421/Al-Athfal.2018.41-03

Yuwono, Timbul, Arik Dwi Indah Ningrum, and Djoko Adi Susilo. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning Membuktikan Luas Dan Keliling Lingkaran.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(2): 479.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10.19109/Ra.V1i1.1489

Downloads

Published

2025-03-28