PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI DHARMA WANITA MUARA BULIAN

Authors

  • Shisilia Putri Ayu Ningsi Shisilia Universitas Jambi
  • Indrayani Indrayani Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Indriani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22189

Keywords:

Bernyanyi, Kognitif Mengenal Bilangan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data melibatkan pre-test dan post-test, serta uji hipotesis dilakukan dengan uji-t pada data yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan, seperti ditunjukkan oleh hasil uji-t (t-hitung = 5,309 > t-tabel = 2,055). Dibandingkan dengan kelas kontrol, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan skor yang lebih baik. Kesimpulannya, metode bernyanyi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak usia dini. Hasil ini mendukung penerapan metode bernyanyi secara lebih intensif dalam pembelajaran di TK Dharma Wanita Muara Bulian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, K., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Golden Age, 5(02), 126.

Fatmawati, R., Sulaeman, O., & Pramanik, N. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 79-94.

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books.

Hanum, A. N., & Yuwono, H. (2016). Pengaruh bernyanyi terhadap kemampuan kognitif anak kelompok b di tk anggrek saribumi wates pringsewu lampung tahun ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hidayat, R. (2019). Pengaruh Aktivitas Musik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 125-134.

Imron, A., & Fajriyah, D. F. (2021). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 41–56.

Karunia Zega, B., & Suprihati, W. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. 3(1), 17–24.

Kasmiati, & Indriyani. (2021). Pola Kebutuhan Aktualisasi Diri pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 97–111.

Niati, A., Sofyan, H., & Utami, W. S. (2022). Pengaruh Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(2), 102.

Prasetyo, A. (2020). Implementasi Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 45-58.

Rahayu, N. (2020). Peran Musik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Musik, 8(3), 231-245.

Risma Khafifah, N. (2015). Meningkatkan perkembangan kognitif dengan metode bernyanyi pada anak usia dini. Dk, 53(9), 1689–1699.

Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Swari, I. G. A. A. M., & Didith Pramuditya Ambara. (2022). Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 163–172.

Tampi, F. L. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dengan Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Boanerges Kids Kima Atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 783-792.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Utami, R., & Kurniawati, T. (2021). Pembelajaran Berbasis Musik untuk Peningkatan Keterampilan Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(4), 150-162.

Wahyuni, B. S. (2022). Meningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penerapan Metode Bernyanyi Di Taman Kanak-Kanak Harindah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Zahwa, S. A., Nisa’, T. F. F., & Fajar, Y. W. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 30–38.

Downloads

Published

2024-12-31