PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 CITA CITAKU KELAS IV SD NEGERI 104255 PALUH SIBAJI

Authors

  • Nadya Fitasya Mahfira Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Muhammad Noer Fadlan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22185

Keywords:

Pengembangan, Media, Powtoon, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan minat belajar siswa pada tema 6 cita citaku kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu penelaah ahli materi, penelaah ahli media pembelajaran, penelaah ahli pembelajaran, penelaah respon guru, dan minat belajar siswa. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah Ahli materi adalah sebesar 96%, Ahli media pembelajaran sebesar 96%, Ahli pembelajaran sebesar 95%, dan Respon Guru sebesar 95%. Dan minat belajar siswa sebesar 90,8%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran. Dari hasil implementasi diketahui terjadi peningkatan pada minat belajar siswa kelas IV SD setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Skor keseluruhan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku, yaitu sebesar 90,8%. Pada tahap evaluasi rata-rata skor yang didapatkan dari keseluruhan ahli, yaitu sebesar 96%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada tema 6 cita citaku yang dikembangkan sudah “Sangat Layak” digunakan pada proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal idaarah, 3(2), 205-215.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.

Ahmad Ridlo S, Anggraeni Al M , Rosdiayul K , Veny A , Zhyahira Mourischa

F.A (2023) Model Dan Media Interaktif Serta Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembelajaran.Semarang, Jawa Tengah 50227: Cahya Ghani Recovery

Amanda, R., & Darwis, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian , 4 (5), 983-990.

Anggita, Z. (2020). Penggunaan powtoon sebagai solusi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Konfiks, 7(2), 44-52.

Ansari, I. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Hidup Bersih Dan Sehat Kelas II SDIT Syifaurrahmah Kecamatan Patumbak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 4(2), 273-289.

Fadlan, MN, Landong, A., Anshor, AS, & Dahnial, I. (2023). Sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan media digital dan aplikasi digital untuk personal branding guru dalam tantangan Generasi Z Era Society 5.0 di Desa Tembung Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Masyarakat Indonesia , 1 (2), 65-70.

Fatmawati E.,Yalida A., Wahab A.(2012) Pembelajaran Tematik : Jalan Kompleks Pelajar Tijue Desa Baroh Kec. Pidie Kabupaten Pidie Provinsi Aceh

Faujiah, N., Septiani, S. N., & Putri, T. (2022). Kelebihan dan kekurangan jenis- jenis media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.

Gajah, T. A., & Dwi, D. F. (2023). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Marendal 104211 Kec. Medan Amplas. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1541-1551.

Downloads

Published

2024-03-09