PERAN STRATEGIS SUPERVISI DALAM KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Ibnu Alwan Saputra Universitas Wahid Hasyim, Semarang
  • Sari Hernawati Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22175

Keywords:

Supervisi, Kurikulum, Kualitas Pendidikan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis supervisi dalam keberhasilan implementasi kurikulum merdeka. Studi pustaka atau review literatur digunakan sebagai metode penelitian dengan menganalisis berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Supervisi membantu guru dalam memahami dan menerapkan kurikulum secara efektif, meningkatkan kompetensi profesional, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, supervisi juga berperan dalam mengatasi berbagai tantangan dalam implementasi kurikulum, seperti kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan dukungan lingkungan. Dengan demikian, supervisi yang efektif, baik yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun pengawas, menjadi kunci keberhasilan implementasi kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldaihani, S. (2017). Effect of prevalent supervisory styles on teaching performance in Kuwaiti high schools. Asian Social Science, 13(4), 25. https://doi.org/10.5539/ass.v13n4p2

Arifin. (2011). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.

Arum, D. M. (2023). Strategi manajemen pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. JME: Journal Management Education, 1(2). https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jme

Asrori, M. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 4–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Bustami, B., Khairuddin, K., & Usman, N. (2022). Implementation of clinical supervision in improving the ability of teachers in islamic religious education learning. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14(4), 7339–7344. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2329

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Harjum, A. (2018). Penerapan teknik supervisi observasi kelas untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri 94 Tiroang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Publikasi Pendidikan, 8(3), 153. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5815

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ubj, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Kanridzo, A. K. (2022). Implementasi supervisi klinis dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8816–8817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990

Khun-Inkeeree, H., Mahmood, M., Haji-Mohd-Noor, S., Kasa, M., Aslamiah, A., Fauzee, M., … Sofian, F. (2020). Increasing teachers' self-efficacy through regular teaching and learning supervision. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3002–3013. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080729

Maladerita, W., Dahliana, D., Ratih, M., & Rifma, R. (2019). Implementasi supervisi dalam meningkatkan dalam meningkatkan proses pembelajaran dan pendidikan karakter di sekolah dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 198–204. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.39

Maralih. (2014). Peranan supervisi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Qathrunâ, 1(1), 179–192. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/251

Masykur. (2019). Teori dan telaah pengembangan kurikulum. Anugrah Utama Raharja.

Mediatati, N., & Jati, D. (2022). Supervisi kepala sekolah: peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.48774

Muhammad, I. S. (2022). Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Negeri 04 Brebes [Disertasi Doktoral, UIN Saizu Purwokerto].

Muhtar, & Iskandar. (2013). Orientasi baru supervisi pendidikan. Referensi.

Muslim. (2009). Supervisi pendidikan meningkatkan kualitas profesionalisme guru. Alfabeta.

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://journal.fkipukit.ac.id/index.php/RJSM/article/view/13/10

Ngalim Purwanto, M. (2008). Administrasi dan supervisi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahrah, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi pendidikan era society 5.0. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2).

Nurhayati, ., Masnun, M., Udin, T., & Arifuddin, A. (2019). Implementation of principal supervision as an effort to fulfill teacher administration at islamic elementary school. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1826–1831. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070822

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rasu, Y., Rawis, J., Wullur, M., & Rotty, V. (2021). Supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. Leaderia Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.67

Riani, dkk. (2022). Menjaga efektifitas supervisi pendidikan paska pandemi. JDMP: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(2), 140–148. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n2.p140-148

Sari, D. R., & Asmendri, A. (2022). Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal on Education, 5(1), 842–850.

Suparliadi, S. (2021). Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 187–192. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2571

Supriyono, S. (2018). Pengorganisasian supervisi pembelajaran berbasis tim partisipatip di sekolah menengah pertama: Studi multi situs di 3 sekolah menengah pertama di Kota Blitar. Konstruktivisme Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 130–142. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i1.460

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485

Wahib, A. (2021). Manajemen evaluasi program supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 91–104. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.512

Wahyu, H. (2023). Dampak kurikulum merdeka bagi siswa dan guru. Kompasiana. Diakses 25 April 2024, dari https://www.kompasiana.com/

Wahyuni, S., dkk. (2013). Karakteristik morfologi, potensi dan komponen utama rimpang sembilan nomor lempuyang wangi. Jurnal Littri, 19(3), 99–107.

Wahyuningsih, R., & Ermayanti. (2022). Peningkatan kualitas sekolah melalui supervisi pendidikan. Jurnal Buletin Edukasi Indonesia, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.56741/bei.v1i01.

Downloads

Published

2024-12-31