OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PMM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMPN 1 PONTANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22115Keywords:
Supervisi akademik; PMM; Kompetensi Pedagogik.Abstract
Sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing sangat bergantung pada pendidikan. Sekolah menengah memainkan peran penting dalam proses pembelajaran karena menjalankan fungsi utama dalam dunia pendidikan. Tindakan yang dapat mengembangkan kemampuan guru mencapai tujuan pendidikan untuk siswanya dikenal sebagai supervisi akademik. Dengan bantuan supervisi akademik, diharapkan kualitas guru akademik akan meningkat. Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, guru harus memiliki kompetensi pedagogik. Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan sarana meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode penelitian mengunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berdasarkan sumber pustaka yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi supervisi akademik melalaui PMM dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik melalui PMM dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam penyelenggaraan pendidikan. Supervisi akademik terdiri dari 3 fase, fase 1 pra observasi, fase 2 observasi dan fase 3 pasca observasi. Tindak lanjut dari supervisi akademik dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan seperti workshop, seminar, komunitas belajar.Downloads
References
Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Supervisi akademik di SMP Negeri 12 Gorontalo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(2), 214–225.
Baro’ah, S. (n.d.). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. In Jurnal Tawadhu (Vol. 4, Issue 1).
Defa., Lasmawan W. I., dan Suastra W. (2023). Analisis Pemanfaatan Platfrom Merdeka Belajar (PMM) Oleh Guru Pengerak di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Pendas) Volume 08 Nomor 01, Juni 2023. 2548-6950
Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(2), 113. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121
Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209
Rasu, Y., Rawis, J. A. M., Wullur, M. M., & ... (2021). Supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. LEADERIA: Jurnal …. https://leaderia.uinkhas.ac.id/index.php/ldr/article/view/67
Sirait, L. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/691
Soro, S., Handayani, S., Mulyana, N., MUlyana, R., & Hadian, T. (2022). Management of Academic Supervision in Increasing Teacher ’ S Pedagogic Competency At Sdn Dewi Sartika Cbm Kota Sukabumi. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1726–1739.
Sukarmen, S. (2018). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 82. https://doi.org/10.29210/3003251000
Zulfikar, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sd Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(3), 192–198.
Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Supervisi akademik di SMP Negeri 12 Gorontalo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(2), 214–225.
Mujiono, H. (2020). Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(2), 113. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n2.p113-121
Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209
Rasu, Y., Rawis, J. A. M., Wullur, M. M., & ... (2021). Supervisi akademik untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru. LEADERIA: Jurnal …. https://leaderia.uinkhas.ac.id/index.php/ldr/article/view/67
Sirait, L. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/691
Soro, S., Handayani, S., Mulyana, N., MUlyana, R., & Hadian, T. (2022). Management of Academic Supervision in Increasing Teacher ’ S Pedagogic Competency At Sdn Dewi Sartika Cbm Kota Sukabumi. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1726–1739.
Sukarmen, S. (2018). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 82. https://doi.org/10.29210/3003251000
Zulfikar, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sd Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(3), 192–198.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.